Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distribusikan Gas Bumi Tanpa Pipa, PGN Perkenalkan Gaslink

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) atau PGN terus melakukan inovasi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi ke masyarakat. Salah satunya melalui pendistribusian gas bumi dapat dilakukan tanpa melalui pipa gas bumi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA— PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) atau PGN terus melakukan inovasi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi ke masyarakat. Salah satunya melalui pendistribusian gas bumi dapat dilakukan tanpa melalui pipa gas bumi.

Director of Commerce PGN Danny Praditya mengatakan pelaku usaha industri menengah, restoran, hotel dan lainnya kini bisa menikmati gas bumi dari PGN yang efisien dan bersih tanpa harus menunggu pembangunan pipa gas.

Hal tersebut bisa dilakukan melalui produk yang dinamakan Gaslink. Melalui produk milik anak usaha perseroan, yaitu PT Gagas Energi Indonesia tersebut, gas bumi diproses menjadi Compressed Natural Gas (CNG) lalu didistribusikan melalui kendaraan bermotor dan diantar langsung pelanggan.

"Langkah ini sebagai cara PGN untuk mendistribusikan gas bumi untuk wilayah-wilayah yang belum ada pipa gas bumi," kata Danny.

Direktur Utama Gagas Energi Indonesia Ahmad Cahyadi menambahkan, sejak awal 2016 Gaslink mulai aktif ditawarkan ke masyarakat. Adapun, saat ini sudah cukup banyak industri, hotel hingga restoran menggunakan CNG Gaslink. Melalui Gaslink, pelanggan dapat menghemat lebih dari 20% dibandingkan pemakaian LPG.

Cahyadi mengungkapkan, beberapa contoh pelanggan yang menggunakan CNG Gaslink adalah Hotel Dharmawangsa, Hotel Somerset, rumah makan Ayam Goreng Suharti, Top Yammie, Kimia Farma dan sebagaianya.

"Pelanggan Gaslink memang diarahkan ke usaha komersial baik hotel, kafe dan restoran serta industri-industri skala menengah," ujar Cahyadi.

Selain Gaslink, PGN Gagas Energi kata Cahyadi juga memiliki produk lainnya yakni Gasku. Dengan Gasku, PGN menyediakan pasokan Bahan Bakar Gas (BBG) baik di SPBG maupun dengan Mobile Refueling Unit (MRU) hingga penyediaan converter-kit untuk kendaraan bermotor.

Dengan Gasku, PGN menawarkan layanan kepada badan usaha milik negara ataupun swasta, instansi pemerintah, pemerintah daerah, dan badan non-profit yang ingin menggunakan BBG untuk kendaraan dinasnya, dapat bekerja sama dengan PGN.

Kerjasama tersebut mulai penyediaan kendaraan, penyediaan dan instalasi converter-kit, penyediaan BBG beserta infrastruktur yang dibutuhkan, hingga after-sales service.

PGN saat ini telah bertransformasi sebagai perusahaan yang memberikan solusi penyediaan energi terintegrasi di seluruh mata rantai pemanfaatan gas bumi di Indonesia. Dengan konsep 360 degree solution, PGN sebagai penyedia solusi terintegrasi pemanfaatan gas bumi yang menyeluruh mulai dari penyediaan gas bumi, solusi infrastruktur gas, utilisasi gas serta jasa pendukung seperti jasa operasi dan pemeliharaan, sistem ICT terintegrasi, layanan engineering dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper