Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Minyak Iran Sentuh Level Tertinggi Dalam 38 Tahun

Jumlah ekspor minyak mentah Iran untuk pertama kalinya mencapai 3 juta barel per hari (bph) sejak revolusi Islam tahun 1979.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah ekspor minyak mentah Iran untuk pertama kalinya mencapai 3 juta barel per hari (bph) sejak revolusi Islam tahun 1979.

Menurut menteri minyak Iran Bijan Namdar Zanganeh, seperti dilansir Bloomberg (Selasa, 7/3/2017), level tersebut berlangsung hanya dalam satu hari dan tercapai pada bulan Iran berjalan yang dimulai pada 19 Februari.

Berdasarkan data Bloomberg, ekspor minyak mentah Iran telah mencapai jumlah rata-rata sebesar 2,45 juta bph sejak 19 Februari.

Performa ekspor minyak Iran sempat tersungkur pada 2011 akibat tertekan oleh pemberlakuan sanksi internasional yang menyasar industri minyak sehingga menurunkan produksinya.

Sejak sanksi tersebut berakhir pada Januari 2016, Iran telah dengan cepat pulih serta meningkatkan tingkat produksinya ke level sebelum menjalani sanksi sebesar kira-kira 4 juta bph. Target produksipun dipasang di level 5 juta bph pada 2021 dengan bantuan investor asing, meskipun belum ada yang menandatangani kontrak definitif.

Negara yang dipimpin oleh Hassan Rouhani itu mendapatkan pengecualian dari kesepakatan pemangkasan produksi oleh organisasi negara-negara pengekspor minyak bumi (OPEC) dengan alasan masih harus pulih dari efek sanksi.

Tingkat produksinya pernah melampaui 6 juta bph pada periode 1970an, sebelum revolusi Islam mendorong investor negara barat untuk pergi serta memicu konfrontasi yang panjang dengan AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper