Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Melantai, Bintraco Dharma Pasang Harga Pelaksanaan di Kisaran Rp1.750 - Rp2.300

PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma menetapkan harga penawaran pelaksanaan initial public offering (IPO) di kisaran Rp1.750 - Rp2.300 per lembar saham.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma menetapkan harga penawaran pelaksanaan initial public offering (IPO) di kisaran Rp1.750 - Rp2.300 per lembar saham.

Sebagai informasi, berdasarkan prospektus ringkas yang dipublikasikan pekan terakhir Februari lalu, dikemukakan bahwa Bintraco Dharma berencana melakukan penawaran umum perdana sebanyak 150 juta saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp100 setiap saham atau sebanyak 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah penawaran umum.

Riset Indosurya Securities yang dipublikasikan Rabu (1/3/2017) menyebutkan, perseroan menetapkan harga pelaksanaan di kisaran Rp1.750 - Rp2.300 per lembar saham. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Ciptadana Securities dan PT CMB Securities Indonesia.

Rencananya, dana yang diperoleh dari penawaran umum ini akan digunakan untuk:

  • Sekitar 33% akan digunakan untuk belanja modal terkait dengan pengembangan usaha perseroan atau entitas anak, yakni untuk pembangunan diler baru berikut fasilitasnya untuk memperluas jaringan Toyota dalam kurun waktu 2017-2019.
  • Sekitar 33% akan digunakan perseroan untuk melakukan investasi yang berkaitan dengan akuisisi guna perluasan dan pengembangan kegiatan usaha perseroan dan entitas anak meliputi akuisisi diler, akuisisi saham atas perusahaan yang memiliki fasilitas diler, maupun mendirikan perusahaan baru dalam rangka memperkuat jaringan kerja untuk kegiatan usaha otomotif dan memberikan manfaat yang mendukung kegiatan usaha perseroan.
  • Sisanya akan digunakan perseroan maupun akan usaha perseroan untuk modal kerja yang a.l untuk biaya oeprasional seperti pembelian persediaan mobil dan suku cadang, modal kerja pembiayaan konsumen serta biaya lainnya.

Bersamaan dengan IPO, perseroan mengadakan program alokasi saham pegawai (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 10% dari jumlah saham yang ditawarkan atau sebanyak 15 juta saham.

Kemudian, PT Superior Coach selaku pemegang saham juga akan melakukan penawaran terbatas atas saham-saham miliknya sebanyak 135 juta saham biasa atas nama atau sebesar 9%.

Sebagai informasi, Bintraco adalah holding company bagi beberapa anak perusahaan besar seperti PT Nasmoco (founder dealer Toyota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta) dan PT Andalan Finance Indonesia dan beberapa perusahaan joint venture seperti PT Toyota Tshuso Logistic Center-Nasmoco Transport, PT Bayauc Nasmoco Investindo dan lain-lain.

Jadwal pelaksanaan sementara

Masa Penawaran Awal

1-9 Maret 2017

Perkiraan tanggal efektif

17 Maret 2017

Perkiraan masa penawaran umum

21-23 Maret 2017

Perkiraan tanggal penjatahan

27 Maret 2017

Perkiraan tanggal pengembalian uang pemesanan

29 Maret 2017

Perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik

29 Maret 2017

Perkiraan tanggal pencatatan di BEI

30 Maret 2017

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper