Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MINYAK MENTAH IRAN: Impor Tiga Negara Asia Ini Naik, China Turun Sendiri

Jumlah impor minyak mentah dari Iran oleh empat pembeli utama di Asia naik tajam pada bulan lalu dibandingkan setahun sebelumnya.
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah impor minyak mentah dari Iran oleh empat pembeli utama di Asia naik tajam pada bulan lalu dibandingkan setahun sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters (Selasa, 28/2/2017), empat negara pengimpor utama untuk minyak mentah Iran - China, India, Korea Selatan, dan Jepang – mengimpor 1,64 juta barel per hari (bph) pada Januari.

Jumlah tersebut naik 67,6% dibandingkan dengan setahun sebelumnya ketika sanksi Barat terhadap Teheran baru dicabut.

Meski demikian, menurut data International Energy Agency (IEA), jumlah volume tersebut adalah yang terendah dalam enam bulan serta penurunan bulan ketiga berturut-turut dari puncaknya sebesar 1,99 juta bph yang dibukukan pada Oktober.

Seperti diketahui, Iran telah dikecualikan dari kesepakatan OPEC untuk mengurangi produksi sebesar 1,2 juta bph mulai dari 1 Januari, seiring upayanya kembali meraih pangsa pasar pasca pencabutan sanksi Barat atas program nuklirnya.

Menurut para sumber, Iran telah menawarkan potongan harga kepada para pengimpor yang meningkatkan pembeliannya.

Kementerian perdagangan Jepang kemarin merilis data resmi yang menunjukkan kenaikan impor sebesar 7,9% dibandingkan setahun sebelumnya menjadi 209.319 bph pada Januari.

Impor India bahkan naik lebih dari tiga kali lipat menjadi 554.600 bph, mengungguli China untuk pertama kalinya sejak November.

Korea Selatan turut mengalahkan China dengan kenaikan jumlah impor lebih dari dua kali lipat menjadi 478.032 bph, sehingga mengusungnya sebagai pembeli terbesar kedua di Asia setelah India.

Di saat ketiga negara di atas mencatatkan kenaikan, jumlah impor China justru turun 1,3% menjadi 402.750 bph pada Januari dibandingkan dengan setahun sebelumnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper