Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sukuk Ritel 009, Trimegah Bidik Penjualan Rp500 Miliar

Trimegah Sekuritas menargetkan dapat menjual Sukuk Ritel seri 009 senilai Rp500 miliar. Masa penawaran akan dimulai pada 27 Februari-17 Maret 2017.
Trimegah Securities
Trimegah Securities

Bisnis.com, JAKARTA--Trimegah Sekuritas menargetkan dapat menjual Sukuk Ritel seri 009 senilai Rp500 miliar. Masa penawaran akan dimulai pada 27 Februari-17 Maret 2017.

Stephanus Turangan, Direktur Utama Trimegah Sekuritas, menuturkan perusahaan efek swasta-lokal itu merupakan satu-satunya sekuritas yang menjadi agen penjual Sukri seri SR009. Selain Trimegah Sekuritas, SR dapat dibeli di 21 bank yang ditunjuk oleh pemeritah.

"Targetnya Rp500 miliar," ucap Stephanus di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (21/2). 

Menurutnya, Trimegah Sekuritas telah cukup sering menjadi agen penjual Sukuk Ritel yang diterbitkan oleh pemerintah. Namun, syarat untuk menjadi agen penjual diakui semakin berat.

Sukri SR009 akan ditawarkan Trimegah Sekuritas melalui kantor pusat di Jakarta dan 14 kantor cabang yang tersebar di 12 kota besar di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Suminto menuturkan Sukri SR009 memiliki fitur yang sama dengan SR008 yang diterbitkan pada tahun lalu.

Sukuk yang dikhususkan untuk investor individu ini menggunakan akad ijarah asset to be leased dan memberikan kupon tetap yang dibayarkan setiap bulan. Minimum pembelian produk ini dipatok sebesar Rp5 juta dengan nilai maksimum pembelian sebesar Rp5 miliar.

SR009 memiliki tenor selama tiga tahun dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah masa holding periode berakhir satu bulan setelah settlement.

Suminto enggan mengungkap target indikatif yang dibidik pemerintah dari penerbitan surat utang syariah ini. Kendati begitu, nilainya diproyeksi tidak akan mendekati emisi SR008 pada Maret 2016 yang berhasil menggalang dana dari investor ritel sebesar Rp31,5 triliun.

"Untuk target indikatif saya belum bisa komentar. Namun demikian, bisa saja disebutkan, size penerbitan ORI terakhir, yakni ORI013 sebesar Rp19,691 triliun bisa menjadi referensi," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (14/2).

Sejumlah analis memproyeksi tingkat imbal hasil Sukri SR009 berada pada kisaran 7,25%-7,75% per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper