Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Pasar Modal Didominasi Kaum Muda Produktif

Bursa Efek Indonesia BEI mencatatkan pertumbuhan jumlah investor aktif, didominasi oleh masyarakat dengan rentang usia 17-30 tahun
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor sekuritas, Jakarta./JIBI-Abdullah Azzam
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor sekuritas, Jakarta./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan pertumbuhan jumlah investor aktif, didominasi oleh masyarakat dengan rentang usia 17 tahun--30 tahun.

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan generasi muda memang menjadi salah satu target BEI. Oleh karena itu BEI akan semakin gencar dalam melakukan sosialisasi dan edukasi, khususnya kepada masyarakat generasi muda.

BEI mencatat pertumbuhan jumlah investor baru yang aktif bertransaksi di Pasar Modal di 2016 untuk usia 21 sampai dengan 25 tahun tercatat sebesar 7.899 investor.

Usia 26 hingga 30 tahun tercatat 5.819 investor baru, dan usia 17 sampai dengan 20 tahun sebanyak 5.398 investor baru. Sepanjang 2016 BEI telah berhasil mengajak 101.887 orang untuk mau bertransaksi dan menjadi investor di Pasar Modal Indonesia.

Pada 2016, BEI telah melakukan 3.481 kegiatan sosialisasi dan edukasi Pasar Modal kepada masyarakat di Indonesia. Jumlah kegiatan tersebut lebih masif jika dibandingkan dengan di tahun sebelumnya yang tidak mencapai 2.000 kegiatan sosialisasi dan edukasi.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan edukasi dan sosialisasi Pasar Modal mencapai 203.186 peserta dan 39% dari jumlah peserta tersebut telah berhasil menjadi investor. Konsep edukasi dan sosialisasi yang BEI lakukan sejak tahun lalu sampai dengan saat ini adalah dengan mengajak anggota bursa.

“Edukasi dan sosialisasi yang kami lakukan juga diikuti inklusi melalui pembukaan rekening efek bagi masyarakat yang berminat untuk langsung menjadi investor di Pasar Modal,” jelasnya dalam keterangan resmi, Minggu (19/2/2017)

Tidak hanya mengajak generasi muda, fokus BEI lainnya di tahun ini adalah dengan meningkatkan peran investor perempuan untuk berinvestasi di pasar modal. Sebab dari penambahan jumlah investor baru perempuan di 2016 yang sebanyak 53.657 investor, yang aktif menjadi investor baru di 2016 hanya 472 saja, dan sisanya hanya investor yang lebih pasif.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper