Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI : Investor Jatim Diharapkan Bertambah 12.000

Bursa Efek Indonesia menargetkan penambahan jumlah investor di Jawa Timur sekitar 12.000 sepanjang tahun ini.

Bisnis.com, SURABAYA—Bursa Efek Indonesia menargetkan penambahan jumlah investor di Jawa Timur sekitar 12.000 sepanjang tahun ini.

Kepala PGIP BEI Surabaya Dewi Sriana Rihantyasni mengatakan saat ini jumlah investor di Tanah Air berjumlah lebih dari 500.000. Sedangkan jika dilihat dari jumlah single investor identity yang ada di Jatim, sekitar 65.000 investor.

“Sepanjang tahun lalu penambahan investor di Jatim mencapai 11.000 lebih ya. Harapannya di 2017 jumlah investor naik 12.000 atau lebih,” ujarnya di Surabaya, Selasa (14/2/2017).

Dewi menyebutkan di wilayah Jatim, investor paling banyak berasal dari Surabaya. Adapun, untuk meningkatkan jumlah investor, BEI akan aktif melakukan sosialisasi dan edukasi.

Pasalnya, lanjut dia, tingkat pemahaman atau literasi masyarakat terhadap industri pasar modal belum terlalu tinggi. Hasil dari survei Otoritas Jasa Keuangan yang dilakukan tahun lalu, indeks literasi sektor pasar modal secara nasional sebesar 4,40%.

Kendati mengalami peningkatan dibandingkan pada 2013, yang sebesar 3,79%, angka ini masih di bawah indeks literasi sektor keuangan lainnya. Indeks literasi tertinggi tercatat pada sektor perbankan sebesar 28,94%.

“Ke depannya, diharapkan jumlah investor seluruh Indonesia bisa mencapai 1% dari jumlah penduduk, atau sekitar 2,5 juta investor,” katanya.

Untuk meningkatkan pemahaman terkait pasar modal, BEI Surabaya mengadakan kegiatan workshop untuk para wartawan. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari ini di gedung BEI Surabaya. Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini antara lain dari BEI, OJK, dan PT Phintraco Securities.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper