Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Harga Tembaga Dorong Sektor Tambang, Indeks Stoxx Ditutup Menguat

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,75% atau 2,74 poin ke posisi 370,13 setelah bergerak pada kisaran 367,82 370,90
Bursa Eropa ditutup menguat./.Reuters
Bursa Eropa ditutup menguat./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Senin (13/2/2017), didorong sektor pertambangan di tengah menguatnya harga tembaga dan aksi merger serta akuisisi yang mendorong harga saham.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,75% atau 2,74 poin ke posisi 370,13 setelah bergerak pada kisaran 367,82 – 370,90.

Indeks Stoxx didorong oleh sektor sumber daya dasar yang naik 2,7% karena harga tembaga mencapai tertinggi dalam 20 bulan terakhir, didorong oleh kekhawatiran pasokan setelah pengiriman dari dua tambang tembaga terbesar di dunia terhenti.

Lebih dari 300 orang merusak properti di tambang tembaga terbesar di dunia di BHP Billiton Escondida, Chile, pada akhir pekan dan pekerja kontrak dipaksa untuk berhenti bekerja selama pemogokan.

Saham emiten baja dan pertambangan ArcelorMittal adalah menguat 4,9% dan menjadi pendorong indeks CAC 40, diikuti oleh saham Anglo America.

Selain itu, aktivitas investor juga didorong oleh berita akuisisi produsen obat Jerman Stada yang mengatakan telah menerima dua tawaran untuk akuisisi perusahaan, salah satunya dari grup ekuitas swasta Cinven Partners LLP.

Saham Stada ditutup menguat 12,8 dan menjadi top gainers pada indeks Stoxx.

"Akuisisi perusahaan sekarang terlihat hampir pasti terjadi," tulis analis Natixis Philippe Lanone dalam catatan, seperti dikutip Reuters.

Saham Banco BPM mengekor Strada di indeks Stoxx dengan penguatan 6,7% setelahEropa kedua teratas setelah merilis kinerja emiten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper