Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGN (PGAS) Salurkan Gas Bumi ke Krakatau Nippon Steel Sumikin

PT Perusahaan Gas Negara Persero Tbk. (PGAS) atau PGN memasok memasok gas bumi ke PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS), Cilegon, Jawa Barat guna memperluas pemanfaatan gas bumi ke berbagai daerah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA— PT Perusahaan Gas Negara Persero Tbk. (PGAS) atau PGN memasok gas bumi ke PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS), Cilegon, Jawa Barat guna memperluas pemanfaatan gas bumi ke berbagai daerah.

Adapun, KNSS merupakan perusahaan joint venture yang berdiri sejak 26 Desember 2012, antara Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) dari Jepang dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) dari Indonesia.

Sales Area Head PGN Cilegon Yohanes Chandra mengatakan PGN terus berupaya untuk menyalurkan gas tepat waktu sesuai kebutuhan industri.

“Perseroan mulai memasok gas ke KNSS pada 1 Februari 2017,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (2/2/2017).

Sebagai informasi, KNNS akan memproduksi Galvanized, Galvanealed dan Cold Rolled Steel untuk industri otomotif, dengan kapasitas produksi mencapai 480.000 metric ton per tahun.

Gas bumi yang dipasok PGN akan digunakan sebagai bahan bakar untuk furnace dengan kapasitas 4.140 meter kibuk/jam, dengan kebutuhan gas yang naik secara bertahap mencapai 1,32 juta meter kubik per bulan pada 2020.

Mechanical Engineer KNNS Yusuke Tosa mengungkapkan, pemilihan gas bumi sebagai bahan bakar karena nilai kalori gas bumi dari PGN dinilai bagus, sehingga menghasilkan pembakaran yang optimal, stabil, dan bersih.

"PGN akan menjadi mitra yang handal dalam mendukung pertumbuhan KNSS ke depan, saat ini kita akan uji coba peralatan dan utilitas kami, dengan target produksi pertama pada Agustus 2017," kata Yusuke Tosa.

Khusus di Cilegon, PGN telah memasok gas bumi ke 35 pelanggan industri skala besar dan komersial dan 237 pelanggan Rumah tangga. PGN area Cilegon mengoperasikan pipa gas sepanjang lebih dari 101 km.

Secara nasional, jumlah pelanggan PGN juga terus meningkat, saat ini PGN telah memasok gas bumi ke 1.652 industri besar dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan 204.000 pelanggan rumah tangga. 

Pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper