Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR GLOBAL 23 JANUARI: Kebijakan Donald Trump dan Theresa May

Sejumlah berita di kancah dunia menjadi perhatian pasar pada perdagangan hari ini, Senin (23/1/2017).
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan wakilnya Mike Pence/Reuters-Carlos Barria
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan wakilnya Mike Pence/Reuters-Carlos Barria

Bisnis.com, JAKARTA– Sejumlah berita di kancah dunia menjadi perhatian pasar pada perdagangan hari ini, Senin (23/1/2017).

Salah satu kabar dari internasional yang dicermati adalah terkait kebijakan yang akan diambil oleh Donald Trump setelah resmi dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat.

Hubungan Indonesia-AS.

Pelantikan Donald J. Trump memicu optimisme sekaligus kekhawatiran masyarakat global, tak terkecuali Indonesia. Apabila kebijakan Trump dilakukan dengan tepat, kebangkitan ekonomi AS akan menjadi lokomotif ekonomi global baru, seiring dengan pemulihan ekonomi global yang belum cukup meyakinkan. Di sisi lain, rencana ke bijakan proteksi dan peningkatan konflik dengan China dapat melukai pemulihan ekonomi dunia. Dua poin utama yang diungkapkan oleh Trump dalam pidato perdananya, yakni membeli produk dan pekerjakan masyarakat Amerika, menjadi gambaran bagaimana Presiden ke-45 AS itu berusaha mewujudkan slogan ‘America First’.  (Bisnis Indonesia)

 

Strategi Perdagangan Trump.

Pemerintahan baru Amerika Serikat bergegas membuat strategi baru untuk urusan perdagangan. Presiden AS Donald Trump menegaskan akan menarik pakta perjanjian dagang dengan 12 negara Trans Pasific Partnership (TPP). Langkah tersebut guna melindungi para pekerja AS. Tak hanya itu, Trump juga akan menegosiasi kesepakatan perdagangan lain. Seperti Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang ditandatangani pada 1994. (Kontan)

 

Theresa May dan Brexit

Mahkamah Agung Inggris akan mengeluarkan keputusan pada 24 Januari 2017, mengenai apakah akan mengizinkan Perdana Menteri (PM) Theresa May menggunakan kekuasaan eksekutifnya untuk memulai pembicaraan resmi soal keluar dari Uni Eropa (UE), atau apakah ia harus meminta persetujuan terlebih dahulu dari parlemen yang dilanda kegelisahan. (Investor Daily)

 

Bursa AS

Bursa saham Amerika Serikat ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan lalu setelah pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 94,85 poin atau 0,48% ke posisi 19.827,25, sedangkan indeks S&P 500 naik 7,62 poin atau 0,3% ke 2.271,31.

 

Bursa Eropa

ditutup melemah tipis pada perdagangan Jumat (20/1/2017) karena investor mengalihkan fokus mereka pada pelantikan Donald Trump sebagai presiden AS. Investor menunggu apakah Trump dapat terus menjaga ekspektasi atas pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat yang didorong oleh kebijakan-kebijakannya seperti pemotongan pajak. Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,07% atau 0,27 poin ke level 362,58 setelah bergerak pada kisaran 361,39 – 363,64.

B

isnis.com, JAKARTA– Sejumlah berita di kancah dunia menjadi perhatian pasar pada perdagangan hari ini, Rabu (18/1/2017).

Salah satu kabar dari internasional adalah terkait pidato Perdana Menteri Inggris, dikaitkan dengan kelanjutan langkah brexit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper