Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencanakan Spin Off Unit Chip, Saham Toshiba Corp. Naik Tajam

Saham Toshiba Corp. mencatatkan penguatan terbesar dalam tiga pekan menyusul laporan bahwa rencana perusahaan tersebut untuk menjual bagian pada unit chipnya telah menarik minat para investor.
Ilustrasi/toshiba.co.jp
Ilustrasi/toshiba.co.jp

Bisnis.com, JAKARTA – Saham Toshiba Corp. mencatatkan penguatan terbesar dalam tiga pekan menyusul laporan bahwa rencana perusahaan tersebut untuk menjual bagian pada unit chipnya telah menarik minat para investor.

Seperti dilansir Bloomberg (23/1/2017), saham Toshiba Corp. naik 7,3% menjadi 264,8 yen di Tokyo, penguatan terbesar yang terjadi dalam sehari sejak 30 Desember.

Menurut laporan Asahi, Toshiba kemungkinan menjual 20% bagian pada operasi memory chip untuk menghimpun sekitar 200 miliar yen (US$1,8 miliar).

Reli hari ini telah mengikis penurunan saham Toshiba selama sebulan terakhir menjadi 43% setelah manufaktur elektrik dan elektronik yang berpusat di Tokyo tersebut mengejutkan investor bulan lalu, dengan kabar pengurangan nilai aset bisnis nuklirnya yang dapat menghampiri miliaran dolar AS.

Menyusul berita tersebut, Toshiba telah menyatakan untuk mempertimbangkan pemisahan (spin off) bisnis chipnya.

“Dengan mempertimbangkan terbatasnya waktu operasi perusahaan, pemisahan unit chip sepertinya jadi pilihan paling realistis,” papar Mikio Hirakawa dan Simon Woo, Analis Bank of
America Merrill Lynch dalam risetnya.

Menurut laporan Kyoto News, perusahaan ekuitas swasta Bain Capital LP dan Permira dapat tertarik untuk membeli bagian sebesar 30%.

Sementara menurut Nikkei, minat yang sama juga datang dari Western Digital Corp., yang sebelumnya telah bekerja sama dengan Toshiba dalam hal investasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper