Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasca Akusisi Wom Finance, Reliance Optimis Rating Tetap Baik

Reliance Capital Management optimistis rating surat utang WOM Finance tidak akan turun setelah akuisisi rampung.
WOM Finance/Bisnis.com
WOM Finance/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Reliance Capital Management optimistis rating surat utang WOM Finance tidak akan turun setelah akuisisi rampung.

Iman Pribadi, ‎CFO Reliance Capital Management, mengatakan tidak khawatir dengan respo Fitch atas rencana akusisi WOM Finance oleh perusahaan. Dia mengatakan di belakang Reliance terdapat mitra startegis yang kuat. Apalagi ke depan pihaknya tetap bekerjasama dengan Maybank dalam pendanaan bisnis WOM Finance.

"Kami tidak terlalu khawatir karena dibelakang Reliance, kami punya strategic investor seperti FMO atau Dutch Development Bank yang secara rating punya triple AAA international rating juga dari Fitch," kata Iman di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Dia mengatakan bahkan setelah sinergi dengan Reliance, kinerja WOM Finance akan semakin baik seiring sinergi bisnis yang dilakukan di dalam grup. "Jadi tidak ada yang berubah, malah kami yakin pertumbuhan akan semakin baik dengan sinergi dengan Reliance Group," katanya.

Pada 18 Januari 2017, Fitch Ratings Indonesia menyampaikan untuk mencermati aksi korporasi WOM Finance atau WOMF menyusul aksi jual beli saham bersyarat dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk. sebesar 68,55% kepada PT Reliance Capital Management.  

Meski begitu, Fitch Ratings Indonesia menempatkan peringkat nasional jangka panjang AA (idn) dan peringkat nasional jangka pendek F1+ (idn) pada Rating Watch Negatif (RWN). Selain itu, peringkat obligasi senior perusahaan juga ditempatkan pada RWN.

Peringkat yang diperoleh WOMF sebelumnya merupakan peringkat dukungan yang mencerminkan ekspektasi atas dukungan luar biasa dari Maybank Indonesia. Sementara itu, penempatan peringkat RWN pada perusahaan pembiayaan dengan kode emiten WOMF itu disebabkan Fitch belum membuat penilaian apapun terhadap pemegang saham baru, dan dampaknya terhadap WOMF pasca-akuisisi.

Kendati demikian, Fitch akan menyelesaikan rating watch negatif pada peringkat-peringkat WOMF pada saat penyelesaian perubahan kepemilikan terjadi yang diperkirakan pada kuartal I/2017. Namun, potensi penurunan peringkat beberapa notch atas peringkat jangka panjang nasional WOMF dimungkinan karena profil mandiri perusahaan yang moderat.

Selain itu, Fitch juga akan menganalisa profil kredit PT Reliance Capital Management dan hubungan antara WOMF dengan kelompok Reliance untuk menilai bagaimana peringkat WOMF dapat didukung atau dibatasi dibawah kepemilikan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper