Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Emiten Properti Ciputra Resmi Merger

Tiga emiten properti milik Ciputra memutuskan bakal melebur dalam satu entitas, PT Ciputra Development Tbk. Merger diharapkan dapat meningkatkan likuiditas saham perseroan dan menurunkan biaya pinjaman

Bisnis.com, JAKARTA -- Tiga emiten properti milik Ciputra memutuskan bakal melebur dalam satu entitas, PT Ciputra Development Tbk. Merger diharapkan dapat meningkatkan likuiditas saham perseroan dan menurunkan biaya pinjaman

Dalam rapat rapat umum pemegang saham luar biasa PT Ciputra Surya Tbk (CTRS) dan PT Ciputra Property Tbk. (CTRP) yang digelar Selasa (27/12/2016), pemegang saham telah menyetujui rencana peleburan ke dalam entitas CTRA. Ini sesuai dengan skenario 1 rencana penggabungan yang diumumkan pada 24 Oktober 2016 lalu.

Untuk diketahui, CTRA hingga saat ini memiliki 62,66% saham CTRS dan 56,3% saham CTRP. Investor yang memiliki saham CTRS dan CTRP bisa melakukan konversi dengan saham CTRA dengan rasio 1:2,13 untuk saham CTRS dan 1:0,54 untuk saham CTRP.

Tulus Santoso, Direktur Independen CTRA mengatakan proses penggabungan entitas secara formal diharapkan dimulai pada kuartal I/2017 setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum & HAM. Alhasil, komposisi saham setelah merger bakal berubah menjadi 25,48% dimiliki PT Sang Pelopor dan sisanya dimiliki oleh masyarakat.

"99,9% lebih setuju merger. Ada 25 juta lembar yang tidak setuju, nanti kami akan bayar," jelasnya usai RUPSLB di Jakarta, Selasa (27/12/2016).

Di sisi lain, Tulus mengatakan penggabungan entitas diharapkan dapat menurunkan biaya dana bila perseroan menggalang pendanaan dari penerbitan surat utang. Dia mengestimasi, entitas tunggal bakal menaikkan peringkat surat utang sehingga tingkat kupon juga lebih rendah.

Merger akan meningkatkan efisiensi struktur organisasi dan operasional. Penggabungan juga akan menjadikan CTRA sebagai salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia dengan cadangan lahan mencapai 6.250 hektare. Sementara itu lokasi proyek tersebar di 33 kota dengan 76 jenis pengembangan properti.

Pada penutupan perdagangan hari ini, saham CTRA ditutup di level Rp1.275, naik 2%. Sementara itu saham CTRP naik 3,03% menjadi Rp680. Saham CTRS juga naik 4,31% menjadi Rp2.660.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper