Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha APLN Jual Lahan 216,28 Hektare

PT Agung Podomoro Land Tbk. melalui anak usahanya PT Alam Makmur Indah (AMI) melepas kepemilikan saham di Trans Heksa Karawang, sebuah konsorsium yang bakal mengembangkan lahan industri seluas hampir 2.000 hektare di Karawang.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Agung Podomoro Land Tbk. melalui anak usahanya PT Alam Makmur Indah (AMI) melepas kepemilikan saham di Trans Heksa Karawang, sebuah konsorsium yang bakal mengembangkan lahan industri seluas hampir 2.000 hektare di Karawang.

Dalam publikasi Agung Podomoro yang dikutip Bisnis.com, Jumat (23/12/2016), AMI telah meneken perjanjian pengikatan jual beli saham sebanyak 11,2% di Trans Heksa kepada PT CFCity Karawang Real Estate Development.

Berdasarkan laporan Colliers, Trans Heksa merupakan konsorsium yang melibat sejumlah grup, antara lain Grup Salim, Grup Artha Graha, dan Grup Gajah Tunggal. Total lahan yang sudah dikuasai konsorsium ini mencapai 1.967 hektare.

Sementar itu, selain melego pemilikan sahamnya di Trans Heksa, AMI juga menjual aset tanah di Karawang seluas 216,28 hektare. Luas tersebut terdiri dari tahap satu seluas 105,31 hektare dan tahap kedua yang mencapai 110,97 hektare.

Hingga September 2016, AMI yang 70% sahamnya dimiliki Agung Podomoro Land belum beroperasi. Perusahaan tersebut masih dalam tahap praoperasi dengan aset sebelum elimininasi yang dimiliki mencapai Rp541 miliar.

Manajemen Agung Podomoro Land menyebut, rencana transaksi penjualan saham dan lahan bakal segera dilaksanakan setelah terpenuhinya seluruh syarat-syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam perjanjian pengikatan jual beli.

"Hasil keuntungan penjualan tanah termasuk penjualan saham AMI dalam THK [Trans Heksa Karawang] secara tidak langsung akan memberikan keuntungan finansial kepada perseroan," tulis manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper