Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IKNB Wajib Investasi SBN, Porsi Obligasi BUMN Maksimal 50%

Otoritas Jasa Keuangan memperlebar batas maksimal investasi lembaga jasa keuangan non-bank dalam surat berharga BUMN menjadi 50% dari kewajiban penempatan investasi dalam SBN.nn
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan memperlebar batas maksimal investasi lembaga jasa keuangan nonbank dalam surat berharga BUMN menjadi 50% dari kewajiban penempatan investasi dalam SBN.

Ketentuan itu dituangkan dalam Peraturan OJK No. 36/2016 yang merupakan revisi POJK No.1/2016 tentang Investasi Surat Berharga Negara bagi Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank.

Dalam beleid yang dipublikasikan Rabu (30/11/2016), OJK menegaskan instrumen obligasi atau sukuk yang diterbitkan badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), atau anak perusahaan BUMN dapat menjadi wadah penempatan investasi untuk memenuhi batas minimum penempatan investasi SBN.

Syaratnya, obligasi atau sukuk korporasi pelat merah itu harus diterbitkan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur.

Secara rinci, OJK membatasi porsi obligasi atau sukuk BUMN/BUMD dan anak BUMN itu maksimal 40% dari ketentuan batas minimum penempatan investasi SBN hingga akhir tahun ini.

Mulai tahun depan, batas maksimalnya ditingkatkan menjadi 50% dari ketentuan batas minimum penempatan investasi SBN.

Untuk dapat dikoleksi oleh lembaga keuangan nonbank, produk investasi tersebut wajib memiliki peringkat investasi dari perusahaan pemeringkat efek yang diakui oleh OJK.

Selain itu, obligasi atau sukuk korporasi juga harus tercatat di Bursa Efek Indonesia atau dalam sistem electronic trading platform (ETP) di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper