Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA KUARTAL III/2016: Laba Bersih Lini Bisnis Alat Berat dan Pertambangan ASII Turun Tajam

Kinerja keuangan lini bisnis alat berat dan pertambangan PT Astra International Tbk. pada Januari-September 2016 menurun 43% menjadi Rp1,9 triliun dari Rp3,34 triliun pada periode yang sama tahun lalu

Bisnis.com, JAKARTA—Laba bersih lini bisnis alat berat dan pertambangan PT Astra International Tbk. pada Januari-September 2016 menurun 43% menjadi Rp1,9 triliun dari Rp3,34 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

PT United Tractors Tbk. (UT) yang 59,5% sahamnya dimiliki oleh Grup Astra hanya membukukan laba bersih sebesar Rp3,1 triliun, turun 44%. Dalam keterangan resminya, Senin (31/10) manajemen Grup Astra menyebut hal itu akibat turunnya pendapatan bersih bisnis alat berat dan kontraktor penambangan, terutama disebabkan oleh rendahnya harga batu bara.

Pada segmen usaha mesin konstruksi, penjualan alat berat Komatsu menurun 12% menjadi 1.588 unit, hal itu didiringi pendapatan bersih dari servis dan suku cadang juga menurun.

PT Pamapersada Nusantara (PAMA), anak perusahaan UT di bidang kontraktor penambangan batu bara mencatat penurunan produksi batu bara sebesar 3% menjadi 79 juta ton. Hal itu diiringi penurunan kontrak pengupasan lapisan tanah (overburden removal) sebesar 12% menjadi 524 juta bank cubic metres.

Di sisi lain, anak perusahaan UT di bidang pertambangan melaporkan peningkatan penjualan batu bara sebesar 46% menjadi 6 juta ton.

Sementara itu, PT Acset Indonusa Tbk, perusahaan kontraktor umum yang 50,1% sahamnya dimiliki UT, mencatatkan laba bersih sebesar Rp40 miliar pada Janauri-September 2016.

Raihan itu meningkat 210% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Acset mencatatkan penambahan kontrak baru senilai Rp2,5 triliun sepanjang periode tersebut dibandingkan dengan Rp3,1 triliun sepanjang 2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper