Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Modernland Realty Lepas Lahan ke Ikea

PT Modernland Realty Tbk. telah meneken transaksi penjualan lahan seluas 3,7 hektare kepada perusahaan ritel asal Swedia, Ikea.
Ilustrasi superstore Ikea/Reuters-Neil Hall
Ilustrasi superstore Ikea/Reuters-Neil Hall

Bisnis.com, JAKARTA - PT Modernland Realty Tbk. telah meneken transaksi penjualan lahan seluas 3,7 hektare kepada perusahaan ritel asal Swedia, Ikea.

Cuncun Wijaya, Corporate Secretary Modernland, mengatakan lahan yang dijual ke Ikea berlokasi di proyek Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur.

Dia menuturkan kehadiran superstore IKEA di JGC akan membuat kawasan perumahan itu makin atraktif karena sebelumnya investor juga sudah membeli lahan di JGC untuk membangun Aeon Mall dan Mayapada Hospital.

"Transaksinya September (2016), itu masuk ke marketing sales kami yang jumlahnya Rp962 miliar," ujar Cuncun kepada Bisnis.com pada Rabu (26/10/2016).

Berdasarkan riset Mandiri Sekuritas yang terbit 13 Oktober 2016, transaksi penjualan lahan ke Ikea mencapai Rp297 miliar. Dengan kata lain, banderol untuk setiap meter persegi lahan yang dijual Modernland mencapai Rp8 juta.

Sebagaimana diketahui, lisensi waralaba Ikea dipegang oleh PT Hero Supermarket Tbk. Saat ini Ikea baru memiliki satu superstore di Alam Sutera, Tangerang, Provinsi Banten. Toko tersebut dibuka pada Oktober 2014 dan memiliki luas bangunan 35.000 m2.

Dalam catatan Bisnis, Modernland juga telah melego lahan seluas 8,5 hektare ke  Mall pada tahun lalu senilai US$45 juta.  Aeon tengah membangun pusat perbelanjaaan seluas 135.000 m2. Operasional mal diproyeksikan dimulai pada September 2017.

Selain itu, perusahaan berkode saham MDLN itu juga telah menjual lahan seluas 1,5 hektare ke Grup Mayapada. Di atas lahan tersebut akan dibangun Mayapada Hospital seluas 17.000 m2. Konstruksi diperkirakan selesai pada kuartal II/2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper