Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: ECB Lanjut Gelontorkan Stimulus, Indeks Stoxx Ditutup Menguat

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,19% atau 0,65 poin ke posisi 344,29 setelah bergerak pada kisaran 340,76 344,96.
Bursa Eropa menguat./.Reuters
Bursa Eropa menguat./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA– Bursa saham Eropa ditutup menguat pada Kamis ke level tertinggi dalam dua pekan terakhir, didorong melemahnya euro dan reli saham sektor perbankan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,19% atau 0,65 poin ke posisi 344,29 setelah bergerak pada kisaran 340,76 – 344,96.

Euro jatuh ke level terendah empat bulan terakhir terhadap dolar AS setelah Bank Sentral Eropa memutuskan tetap mempertahankan dan tidak menaikkan suku bunga acuan.

Seperti dilansir Reuters, sektor perbankan menguat paling tajam dengan kenaikan 1,3%. Deutsche Bank naik 3,8% setelah taloid bulanan Jerman Monthly Magazin menyatakan sovereign wealth fund dari Qatar dan Abu Dhabi serta China dapat membeli 25% saham bank Jerman tersebut.

Gubernur ECB Mario Draghi mengisyaratkan Bank Sentral Eropa mungkin tidak akan menghentikan program quantitative easingnya tanpa tapering terlebih dulu, yang menunjukkan bahwa stimulus kemungkinan akan berjalan hingga setelah Maret 2017.

"Menghakiri pembelian obligasi secara tiba-tiba, saya pikir itu tidak mungkin terjadi," ujar Draghi dalam konferensi pers di Frankfurt pada Kamis.

Sementara itu, Royal Bank of Scotland dan Barclays menguat masing-masing 3,5% dan 3,2%, didorong oleh kinerja hasil dari bank AS, terutama di kegiatan perdagangan pendapatan tetap, mata uang dan komoditi (FICC).

Saham GEA asal Jerman anjlok 20,2% setelah perusahaan memangkas proyeksi laba untuk tahun ini, sedangkan saham Nestle merosot produsen makanan asal Swiss ini memangkas prospek penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper