Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMODITAS OLEIN: JFX Pacu Transaksi Lewat Kompetisi Trading

Jakarta Futures Exchange (JFX) bersama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI) memacu transaksi kontrak berjangka olein dengan mengadakan kompetisi simulasi trading
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA- Jakarta Futures Exchange (JFX) bersama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI) memacu transaksi kontrak berjangka olein dengan mengadakan kompetisi simulasi trading.

Simulasi Kontrak Berjangka Olein 10 Ton (OLE10) akan mulai pada 18 Oktober 2016 hingga 15 Desember 2016. Peserta dapat mendaftarkan diri lewat pialang yang menjadi anggota bursa.

Tumpal Sihombing, Corporate Secretary Division Head JFX, mengatakan setiap peserta akan mendapatkan modal virtual senilai Rp200 juta yang akan dimasukkan dalam akun di demo broker system JAFeTS Colt.

Selama periode semulasi, harga penutupan setiap hari dan setiap bulan mengikuti peraturan yang berlaku, yaitu Surat Keputusan Bersama (SKB JFX-KBI) No. 163/SKB/JFX-KBI/X/2016.

Semua posisi terbuka akan diperhitungkan ditutup berdasarkan harga penutupan terakhir simulasi, yakni 15 Desember 2016. Pemenang akan ditentukan berdasarkan nilai keuntungan yang dikalikan dengan volume transaksi.

Menurut Tumpal, produksi CPO di Indonesia yang mencapai 33,1 juta ton per tahun dan 19,4 juta di antaranya diolah menjadi olein merupakan peluang besar sekaligus tantangan bagi industri perdagangan berjangka. Sebagai penghasil CPO terbesar di dunia Indonesia berpeluang untuk menjadi pembentuk harga acuan CPO.

"Ini juga menjadi tantangan bagi kami untuk meningkatkan volume transaksi Olein di JFX," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (12/10/2016).

Persyaratan dan ketentuan Simulasi Trading Competition telah disampaikan kepada Pialang Anggota Bursa lewat acara sosialisasi. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama JFX Stephanus Paulus Lumintang dan Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia Tris Sudarto menyampaikan, agar anggota bursa dapat memanfaatkan momen ini untuk menarik minat masyarakat untuk mencoba transaksi Kontrak Berkala Olein.

Kepala Bappebti Bachrul Chairi yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut mengatakan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan, baik oleh pialang, bursa, kliring, maupun masyarakat umum untuk menjadikan Indonesia sebagai referensi harga olein.

JFX menargetkan transaksi multilateral Olein 20 Ton (OLE) sejumlah 42.000 lot dan Olein 10Ton (OLE 10) sebesar 57.000 lot. Sejak awal Januari hingga September 2016, transaksi OLE sudah mencapai 54.872 lot, sedangkan OLE 10 sebanyak 29.180 lot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper