Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO Aneka Gas Industri (AGII): Investor Asing Berebut

Pencatatan perdana saham (initial public offering/IPO) PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII) sebagai emiten ke-535 diklaim diperebutkan oleh investor asing.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Pencatatan perdana saham (initial public offering/IPO) PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII) sebagai emiten ke-535 diklaim diperebutkan oleh investor asing.

Wakil Direktur Utama Aneka Gas Industri Rachmat Harsono mengatakan perseroan melepas 766,6 juta lembar saham atau 25% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Perseroan mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed 15 kali dari jumlah penjatahan.

"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan minat investor hingga kami mengalami oversubscribed," katanya saat pencatatan perdana di PT Bursa Efek Indonesia, Rabu (28/9/2016).

Dia mengklaim, mayoritas investor bersandi saham AGII itu berasal dari luar negeri. AGII tercatat menjadi satu-satunya perusahaan gas industri di Asia Tenggara yang go publik dalam lima tahun terakhir.

Menurut dia, banyaknya investor asing yang masuk merupakan pertanda baik untuk pasar modal. Hal itu menunjukkan adanya optimisme investor asing terhadap iklim investasi dan perekonomian Indonesia.

AGII menjadi emiten ke-14 tahun ini. Saham AGII ditawarkan pada harga RP1.100 per lembar. Dana hasil IPO akan digunakan sebesar 40% untuk belanja modal, 40% untuk pembayaran utang, dan 20% untuk modal kerja.

Manajemen AGII menunjuk tiga penjamin emisi, yakni PT DBS Vickers Securities Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT RHB Securities Indonesia. Investor asing tercatat berasal dari Malaysia, Hong Kong, dan Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper