Bisnis Indonesia - bisnis.com
Jum'at, 30 September 2016

Fitch Sematkan Peringkat AA+(idn) Untuk Maybank Finance

Rivki Maulana Jum'at, 23/09/2016 18:22 WIB
Fitch Sematkan Peringkat AA+(idn) untuk Maybank Finance

Bisnis.com, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Fitch Rating menyematkan peringkat AA+(idn) untuk obligasi berkelanjutan tahap III  PT Maybank Indonesia Finance. Fitch juga menyematkan prospek stabil untuk Maybank Finance Indonesia.

Dalam laporan Fitch yang dikutip Bisnis.com, Jumat (23/9/2016), Fitch menyebut obligasi yang akan diterbitkan Maybank Finance bertenor lima tahun. Dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk mendukung ekspansi pembiayaan. 

Peringkat nasional 'AA' menurut Fitch mencerminkan risiko gagal bayar yang rendah dibandingkan dengan obligor lainnya di Indonesia. Kendati demikian, perubahan kondisi ekonomi mungkin akan berimbas pada kemampuan membayar obligor dibandingkan dengan obligor lain yang mendapat peringkat lebih tinggi.

Fitch menyebut, peringkat yang disematkan untuk Maybank Finance juga dipengaruhi oleh pandangan bahwa induk perseroan, PT Bank Maybank Indonesia akan mendukung bisnis Maybank Finance. "Maybank Finance Indonesia punya peranan bagi induk usahanya dalam bisnis consumer di Indonesia," tulis Fitch.

Berdasarkan publikasi yang diterbitkan Bank Maybank Indonesia, pembiayaa Maybank Finance mencapai Rp5,51 triliun per Juni 2016 dengan rasio kredit bermasalah 0,44%. Maybank Finance Indonesia menyumbang pendapatan Rp437 miliar dan laba kotor Rp145 miliar ke Bank Maybank Indonesia.

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...