Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco Energi (MEDC) Akuisisi Anak Usaha ConocoPhillips

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menandatangani perjanjian jual beli (sale and purchase agreement/SPA) untuk mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd. (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP).

Bisnis.com, JAKARTA—PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menandatangani perjanjian jual beli (sale and purchase agreement/SPA) untuk mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd. (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP).

Adapun, ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd. (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP) merupakan anak perusahaan ConocoPhillips (COP). Dengan kepemilikan sebesar 40%, CIIL sebagai operator dari PSC South Natuna Sea Block B PSC (SNSB) juga merupakan Operator dari West Natuna Transportation System (WNTS). Sedangkan, CSOP mengoperasikan Onshore Receiving Facility (“ORF”) di Singapura.

Direktur & CEO Medco Roberto Lorato mengatakan infrastruktur WNTS beserta jaringan pipa gas Malaysia akan terus memegang peran penting dalam mengkomersialisasikan temuan-temuan minyak dan gas yang ada, serta aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di kawasan Natuna. Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal IV/2016.

Menurutnya, setelah perjanjian ini efektif, akuisisi ini akan memberikan tambahan cadangan minyak dan gas yang signifikan dan menambahkan produksi tahunan perseroan lebih dari 35%. Dengan arus kas yang kuat dikala kondisi harga minyak rendah, transaksi ini secara langsung dapat memberikan peningkatan pendapatan. 

“Hal penting lainnya, kami mengakui SNSB memiliki infrastruktur dan skala operasional yang bertaraf dunia, didukung oleh tim yang berpengalaman dengan catatan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup yang terbaik. Kami berharap dapat mengintegrasikan aset-aset penting ini ke dalam portofolio hulu MedcoEnergi,” katanya dalam keterbukaan informasi, Selasa (20/9/2016).

Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco menambahkan sebagai perusahaan minyak dan gas swasta nasional, MEDC terus mencari kesempatan untuk terus meningkatkan kontribusi MedcoEnergi terhadap perekonomian Indonesia.

“Transaksi ini akan memperkuat kehadiran MedcoEnergi di Indonesia dan meningkatkan kemampuan hulu minyak dan gas Perseroan melalui integrasi operasi lepas pantai kelas dunia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper