Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belanja Konsumen AS Meningkat, Dow Jones Naik 0,58 Persen

Indeks Standard & Poors 500 ditutup menguat 0,52% atau 11,34 poin ke 2.180,38. Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average menguat 0,58% atau 107,59 ke level 18.502,99.
Bursa AS menguat./.Reuters-Carlo Allegri
Bursa AS menguat./.Reuters-Carlo Allegri

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat menguat mendekati rekor tinggi setelah data menunjukkan peningkatan dalam belanja konsumen di tengah spekulasi atas kenaikan suku bunga acuan AS.

Indeks Standard & Poor’s 500 ditutup menguat 0,52% atau 11,34 poin ke 2.180,38. Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average menguat 0,58% atau 107,59 ke level 18.502,99.

Indeks menguat setelah melemah dalam tiga hari terakhir menyusul data yang menunjukkan belanja konsumen di AS naik selama empat bulan berturut-turut pada bulan Juli, didukung oleh peningkatan pendapatan.

Data tersebut diikuti penjualan ritel yang mengecewakan dan angka pertumbuhan ekonomi yang lambat. Data pekerjaan bulanan pada Jumat dapat memberikan petunjuk lebih, apakah The Fed kebijakan memiliki ruang untuk meningkatkan suku bunga setelah Gubernur Janet Yellen mengatakan, probabilitan kenaikan suku bunga semakin kuat.

"Ada indikator yang bahwa pendapatan membaik dan konsumsi akan terus tetap kuat, yang merujuk kepada penguatan ekonomi AS," kata Brian Jacobsen dari Wells Fargo Funds Management LLC kepada Bloomberg.

"Yang menjadi pertanyaan besar adalah apakah inflasi akan meningkat atau terus seperti ini, yang menekankan pada laporan kerja hari Jumat. Saat ini gambarannya masih cukup cukup buram," lanjutnya.

Probabilitas kenaikan suku bunga pada September meningkat ke 34% dari 22% pada 19 Agustus, sedangkan probabilitas pada Desember naik menjadi 61% dari 8% pada 27 Juni.

Wells Fargo & Co dan Facebook Inc. berkontribusi paling besar pada indeks seham, sementara Herbalife Ltd menguat setelah miliarder Carl Icahn membeli lebih dari 2,3 juta saham di perusahaan nutrisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper