Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Stoxx 600 Kembali Naik, Pidato Yellen Tumbuhkan Optimisme Pemulihan Ekonomi

Bursa Eropa menguat untuk hari keempat dalam pekan ini, ditopang oleh pernyataan Gubernur The Fed Janet Yellen yang memunculkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi.
Bursa Eropa. /Reuters
Bursa Eropa. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Eropa menguat untuk hari keempat dalam pekan ini, ditopang oleh pernyataan Gubernur The Fed Janet Yellen yang memunculkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi.

Sementara itu, dalam pidatonya di Jackson Hole, Wyoming, Yellen menegaskan bank sentral tetap akan mengambil pendekatan bertahap dalam menaikkan suku bunga acuannya.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,5% pada penutupan perdagangan Jumat (27/8/2016), menghapus pelemahannya 0,3% dan mencetak penguatan 1,1% sepanjang pekan ini.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Yellen mengatakan kemungkina penaikan suku bunga AS semakin kuat seiring dengan perkembangan ekonomi AS yang telah mendekati target bank sentral.

Meskipun demikian, dia tetap tidak membahas waktu spesifik terkait pergerakan suku bunga acuan tersebut.

“Perekonomian telah menguat sejalan dengan yang diharapkan The Fed," ujar Guillermo Hernandez Sampere, Head of Trading MPPM EK, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (27/8/2016).

Lebih lanjut dia mengatakan potensi kenaikan suku bunga pada September ada , tetapi yang jelas The Fed akan menaikkan suku bunga secepatnya.

"Perkiraan penaikan suku bunga yang terbaik adalah Desember jika data kuartal III tidak mengecewakan. Saya rasa kita akan melihat pergerakan saham yang lebih tinggi pada akhir tahun ini," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper