Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIGHTS ISSUE: Krakatau Steel (KRAS) Gelar RUPS Hari Ini

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS) menggekar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Kamis (25/8/2016) terkait rencana perseroan melakukan penambahan modal melalui rights issue.

Bisnis.com, JAKARTA— PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS) menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Kamis (25/8/2016) terkait rencana perseroan melakukan penambahan modal melalui rights issue.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), hari ini ada sejumlah emiten yang menggelar RUPS. Salah satunya adalah Krakatau Steel. RUPS dilakukan terkait persetujuan Peningkatan Modal Ditempatkan dan Disetor Perseroan melalui Penawaran Umum Terbatas (Rights Issue) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Adapun, persetujuan pelimpahan kewenangan dengan memberikan kuasa kepada dewan komisaris untuk menyatakan realisasi jumlah saham yang sesungguhnya dikeluarkan dan melaksanakan perubahan anggaran dasar perseroan berupa peningkatan modal ditempatkan dan disetor perseroan, dalam rangka pelaksanaan rights issue.

Sebelumnya, berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan Selasa (19/7/2016), perseroan menyatakan berencana menerbitkan saham baru dengan memberikan HMETD dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 4,99 miliar lembar saham baru.

Perseroan akan mengajukan pernyataan pendaftaran dalam rangka PUT I kepada OJK segera setelah Rapat Umum Pemegang Saham diselenggarakan. PUT I ini akan dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan dari OJK. PUT I diperkirakan akan dilaksanakan pada kuartal IV/2016.

Penambahan modal dari pelaksanaan HMETD ini akan memberikan tambahan modal bagi perseroan dan menambah kapasitas perseroan untuk mengembangkan usaha serta meningkatkan kemampuan perseroan untuk menerima pembiayaan dari lembaga keuangan dan perbankan. Pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETD-nya akan terkena dilusi kepemilikan.

Penggunaan dana dari transaksi PUT I ini setelah dikurangi oleh biaya emisi, seluruhnya diperkirakan akan digunakan perseroan untuk ekuitas bagi pemenuhan modal kerja proyek pembangunan Hot Strip Mill #2 berkapasitas 1,5 juta ton, dan ekuitas untuk proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara 1x150 MW.

Perkiraan penggunaan dana ini masih bersifat estimasi. Adapun informasi final sehubungan dengan penggunaan dana akan diungkapkan dalam prospektus yang diterbitkan dalam rangka penambahan modal dengan memberikan HMETD yang akan disediakan kepada pemegang saham yang berhak pada waktunya, sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Ketentuan-ketentuan penambahan modal dengan memberikan HMETD, termasuk harga pelaksanaan final atas HMETD dan jumlah final atas saham baru yang akan diterbitkan, akan diungkapkan di prospektus yang diterbitkan dalam rangka penambahan modal dengan memberikan HMETD, yang akan disediakan kepada pemegang saham yang berhak pada waktunya, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Sementara itu, selain KRAS, emiten lain yang menggelar RUPS hari ini adalah PT Buana Listya Tama Tbk. (BULL) dan Bank Permata Tbk. (BNLI)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper