Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bloomberg Terkoneksi dengan Perdagangan Bank Indonesia

Dalam upaya meningkatkan transparansi pasar dan konektivitas di kalangan komunitas valuta asing yang lebih besar, Bank Indonesia akan mengintegrasikan platform perdagangan valuta asing bebas komisi milik Bloomberg, yaitu Bloomberg FXGO, ke dalam sistem monitoring perdagangan real-time atau SISMONTAVAR.
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan transparansi pasar dan konektivitas di kalangan komunitas valuta asing yang lebih besar, Bank Indonesia akan mengintegrasikan platform perdagangan valuta asing bebas komisi milik Bloomberg, yaitu Bloomberg FXGO, ke dalam sistem monitoring perdagangan real-time atau SISMONTAVAR.

Hubungan langsung ini akan memungkinkan bank dan perusahaan sekuritas di Indonesia untuk melakukan transaksi valuta asing dengan sangat mudah melalui layanan Bloomberg. Layanan yang dapat diakses mulai dari pra perdagangan, pelaksanaan perdagangan, hingga pelaporan pasca perdagangan ke bank sentral.

Dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.com, dijelaskan SISMONTAVAR atau Sistem Monitoring Transaksi Valuta Asing Terhadap Rupiah adalah sistem monitoring real-time yang memungkinkan BI melacak data transaksional dari berbagai mata uang asing terhadap Rupiah (Rp).

Melalui integrasi Bloomberg FXGO ke SISMONTAVAR, BI akan menerima transaksi Rupiah yang dilakukan di FXGO. Esensinya, layanan ini memberikan kontribusi dalam peningkatan transparansi pasar dan keakuratan nilai rupiah terhadap mata uang asing.

"Ini merupakan tolak ukur penting dimana pasar valuta asing global saat ini mencari cara baru untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi yang lebih baik," kata Tod Van Nama, Global Head of FX and Commodities Electronic Trading.

"Koneksi langsung antara Bloomberg FXGO dan SISMONTAVAR akan memungkinkan klien kami dalam pendanaan dan penetapan kebutuhan valuta asing mereka. Di sisi lain, mereka dapat melengkapi persyaratan Bank Indonesia.”

Menurutnya, Bloomberg FXGO memudahkan investor dalam melakukan transaksi spot, non-deliverable forward (NDF), opsi (option), outright, dan swap selama proses transaksi pra-perdagangan, pelaksanaan perdagangan hingga proses-proses pasca-perdagangan dalam platform tunggal menghadirkan manfaat dalam aktivitas jual beli.

Berdasarkan survei 10th Triennial Central Bank Survey yang telah dilakukan oleh Bank for International Settlements, perdagangan di pasar valuta asing melonjak 61% sejak enam tahun lalu, menjadi rata-rata US$5,3 triliun per hari pada April 2013.

Perdagangan spot valuta asing merupakan instrumen yang paling aktif diperdagangkan dengan nilai US$ 2 triliun per hari. Di Indonesia, omset pasar valuta asing mencapai $US 5 miliar pada 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper