Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jual Properti, Laba MLPT Loncat 113%

Setelah lego properti dan sebagian saham dalam anak usaha, laba bersih PT Multipolar Technology Tbk. (MLPT) pada semester I/2016 meningkat 113,31% menjadi Rp100,03 miliar dari periode sama tahun lalu.
PT Multipolar Technology Tbk/Istimewa
PT Multipolar Technology Tbk/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah lego properti dan sebagian saham dalam anak usaha, laba bersih PT Multipolar Technology Tbk. (MLPT) pada semester I/2016 meningkat 113,31% menjadi Rp100,03 miliar dari periode sama tahun lalu.

Peningkatan laba bersih disebabkan penaikan penghasilan lain-lain sebanyak lima kali lipat pada semester I/2016 menjadi Rp61,18 miliar dari semester I tahun lalu (year-on-year/ y-o-y).

Emiten jasa telekomunikasi dan industri informatika itu memperoleh laba dari pelepasan properti investasi sebesar Rp56,86 miliar dan keuntungan dari pelepasan aset tetap Rp3,73 miliar.

Naiknya laba bersih juga disebabkan adanya laba dari penjualan sebagian kepemilikan saham entitas anak senilai Rp5,33 miliar pada paruh pertama tahun ini, sedangkan tahun lalu nihil. MLPT memperoleh laba Rp5,33 miliar itu atas transaksi penjualan 824,89 juta lembar saham, setara dengan 50,99% dari total saham dalam PT Visionet Internasional (VSN). Setelah transaksi pada 27 Juni 2016, sisa saham VSN yang dimiliki MLPT sebesar 49%.

Peningkatan laba bersih juga disebabkan adanya keuntungan pencatatan investasi pada entitas asosiasi dengan nilai wajar sebesar Rp4,82 miliar. Nilai ini tidak ada pada semester I/2015.

Sementara itu, penjualan bersih dan pendapatan jasa MLPT pada paruh pertama 2016 merosot 13,67% y-o-y menjadi Rp966,79 miliar. Penjualan perangkat keras dan perangkat pendukung berkontribusi 54,5% terhadap total penjualan semester I/2016, disusul IT outsourcing dan jasa teknologi yang masing-masing menyumbang 16%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper