Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pokemon Go 'Pulang Kampung', Saham Nintendo Semakin Perkasa

Pokemon Go akhirnya kembali ke negara asalanya Jepang.
Pokemon Go sekarang bisa diunduh di perangkat Apple dan Android di Jepang/ilustrasi-Reuters
Pokemon Go sekarang bisa diunduh di perangkat Apple dan Android di Jepang/ilustrasi-Reuters

Bisnis.com,JAKARTA— Pokemon Go akhirnya kembali ke negara asalanya Jepang.

Setelah membuat jatuh hati para pengguna di Amerika, Australia, dan beberapa negara di Eropa, aplikasi permainan Pokemon Go sekarang bisa diunduh di perangkat Apple dan Android di negara yang melahirkan franchise Pokemon dua dekade lalu.

Perilisan Pokemon Go di Jepang berlangsung dua minggu setelah berhasil menorehkan debut gemilang di luar negeri dan memicu fenomena di seluruh dunia serta melejitkan nilai pasar  saham nintendo sebesar US$20 miliar atau naik sebesar 4.2% pada pukul 11.22 waktu Tokyo.

Saham Nintendo, yang memegang saham Pokemon.Co dan pengembang permainan Niantic Inc meningkat hampir dua kali lipat sepanjang Kamis, menyusul debut Pokemon Go di Amerika. Sementara nilai pasar hari ini berada di angka US$39 juta, melebihi nilai pasar Tesla Motor Inc dan Sony Corp.

Penantian para penggemar Pokemon di Jepang tidaklah mudah, meskipun negara tersebut berada di urutan kedua untuk pasar aplikasi ponsel pintar paling menguntungkan. Sementara 35 negara lain termasuk Malta dan Luxemburg menjadi lapangan permainan virtual bagi para trainer pemburu monster virtual di jalan-jalan dan taman-taman, para gamers Jepang hanya bisa menunggu dan menyaksikan.

Perusahaan penghasil game tersebut harus mencoba untuk menenangkan fans mereka yang sudah menunggu. Bahkan sebuah lagu yang ditulis oleh salah satu komposer Pokemon meminta fans untuk sabar. Perilisan game hari ini, Jumat (22/7/2016) bertepatan dengan mulainya liburan musim panas di jepang yang biasanya dimulai pada akhir Juli.

“Semua orang sudah menunggu. Tidak diragukan permainan ini juga akan populer di Jepang,” kata Heideki Yasuda seorang analis di Ace research Institute seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (22/7/2016).

Selain saham Nintendo dan Niantic, saham McDonald Holdings Co. (japan) yang mulai menjual makanan bertema Pokemon dan diprediksi akan meluncurkan kampanye marketing mnelalui aplikasi melonjak 9.1%. Perusahaan tersebut mengkonfirmasi bahwa pihaknya merupakan partner eksklusif aplikasi Pokemon Go dan 2500 tokonya akan menjadi PokeStoops dan 400 menjadi PokeGyms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper