Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Brexit Sebabkan Saham-saham AS Menurun Tajam

Saham-saham Amerika Serikat (AS) berakhir turun tajam pada Jumat (24/6/2016), mengikuti kekacauan global setelah Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dalam sebuah referendum bersejarah.
Memantau pergerakan saham usai Brexit/Reuters
Memantau pergerakan saham usai Brexit/Reuters

Bisnis.com, NEW YORK - Saham-saham Amerika Serikat (AS) berakhir turun tajam pada Jumat (24/6/2016), mengikuti kekacauan global setelah Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dalam sebuah referendum bersejarah.

Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 611,21 poin atau 3,39% menjadi ditutup pada 17.399,86. S&P 500 merosot 76,02 poin atau 3,60% menjadi berakhir di 2.037,30, dan indeks komposit Nasdaq anjlok 202,06 poin atau 4,12% menjadi 4.707,98.

Kubu "Tinggalkan" memenangkan referendum Brexit Inggris pada Jumat pagi dengan mendapatkan hampir 52% suara, menarik negara itu keluar dari blok 28 negara Uni Eropa (UE) setelah menjalani keanggotaan selama 43 tahun.

Hasil referendum yang mengejutkan mengirim pasar global ke penurunan liar, yang dilihat oleh banyak ekonom sebagai ancaman terhadap stabilitas ekonomi global.

Pasar ekuitas Eropa menukik setelah hasil referendum yang menakjubkan pada Jumat. Indeks acuan DAX di Bursa Efek Frankfurt, Jerman, terperosok 6,82%, sementara indeks CAC 40 Prancis tenggelam 8,04%.

Di Asia, saham Tokyo juga anjlok pada Jumat, dengan indeks acuan saham Nikkei kehilangan hampir 8,0%, sedangkan indeks acuan Tiongkok, indeks komposit Shanghai, merosot 1,30% menjadi 2.854,29 poin.

"Reaksi pasar lebih besar dari itu mungkin terjadi jika para pedagang tidak begitu yakin Inggris akan tetap (di Uni Eropa," kata Chris Low, kepala ekonom di FTN Financial, seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Pekan ini, semua tiga indeks utama menderita kerugian besar, dengan Dow, S&P 500 dan Nasdaq masing-masing turun 1,6%, 1,6% dan 1,9%n.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper