Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MNC SECURITIES: Harga SUN Masih Bergerak Melemah Hari Ini

Harga surat utang negara (SUN) masih akan bergerak dengan kecenderungan mengalami penurunan seiring masih menguatnya dolar Amerika Serikat terhadap mata uang global di tengah spekulasi kenaikan tingkat suku bunga Bank Sentral Amerika.
Memantau layar surat utang negara/Bisnis
Memantau layar surat utang negara/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Harga surat utang negara (SUN) masih akan bergerak dengan kecenderungan mengalami penurunan seiring masih menguatnya dolar Amerika Serikat terhadap mata uang global di tengah spekulasi kenaikan tingkat suku bunga Bank Sentral Amerika.

Analis fixed income PT MNC Securities I Made Adi Saputra mengatakan pergerakan nilai tukar rupaih terhadap dolar AS akan memengaruhi pergerakan harga SUN pada perdagangan hari ini di tengah minimnya katalis dari dalam negeri.

“Keputusan lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) untukmengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (investment grade), pada peringkat "BBB-" dengan prospek stabil diperkirakan tidak banyak memengaruhi pergerakan harga SUN pada perdagangan hari ini,” katanya dalam riset yang diterima Rabu (25/5/2016).
 
Sementara itu dari pasar surat utang global, imbal hasil dari surat utang global bergerak bervariasi. Imbal hasil dari US Treasry dengan tenor 10 tahun ditutup dengan kenaikan terbatas pada level 1,85% dari posisi penutupan sebelumnya di level 1,84% di tengah meningkatnya probabilitas kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika pada pertemuan di bulan Juni. Sedangkan imbal hasil dari surat utang Jerman (Bund) ditutup dengan penurunan di level 0,177% dari penutupan sebelumnya di kisaran 0,18%. Adapun surat utang Jepang pada perdagangan kemarin ditutup pada level -0,11%.
 
Secara teknikal, harga SUN masih berada pada tren penurunan, sehingga diperkirakan dalam jangka pendek masih berpeluang untuk mengalami penurunan. Hanya saja dengan harga SUN yang mendekati area jenuh jual (oversold) akan membatasi potensi koreksi harga yang lebih besar lagi.

Dengan kondisi tersebut, investor disarankan untuk tetap mencermati arah pergerakan harga SUN di pasar sekunder dengan menerapkan strategi trading jangka pendek di tengah kondisi pasar keuangan yang masih bergejolak.

Made juga merekomendasikan beli secara bertahap di saat harga Surat Utang Negara mengalami penurunan (BUY on Weakness) terutama bagi investor dengan horizon investasi jangka panjang dengan pilihan pada seri - seri FR0064, FR0071, FR0073, FR0058, FR0068, FR0072 dan FR0067.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper