Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HM Sampoerna (HMSP) Tercatat di MURI, Ini Penyebabnya

Hari ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia dengan jumlah jam kerja terbanyak tanpa kecelakaan kerja selama 20 tahun.
Kantor HM Sampoerna. /HM Sampoerna
Kantor HM Sampoerna. /HM Sampoerna

Bisnis.com, JAKARTA— Hari ini, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia dengan jumlah jam kerja terbanyak tanpa kecelakaan kerja selama 20 tahun.

Dalam keterangan resminya, emiten dengan kode saham HMSP ini baru saja mendapat rekor MURI dengan kecelakaan kerja nihil selama 20 tahun (1996-2006) atau sekitar 757 juta jam.  Kepala Cabang Layanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karimunjawa Surabaya Heru Prayitno mengatakan, tidak ada pekerja Sampoerna yang melakukan klaim kecelakaan kerja hingga periode Maret 2016.

HMSP merupakan perusahaan rokok terkemuka di Indonesia. Selain rekor MURI, pada18 Mei 2016, Kementerian Ketenagakerjaan RI menganugerahi Sampoerna dengan Penghargaan Kecelakaan Nihil atas keberhasilan manajemen dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja bagi sekitar 17.000 pekerja di lima pabrik sigaret kretek tangan (SKT).

Adapun, HMSP merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang berturut-turut meraih Penghargaan Kecelakaan Nihil sejak 1999.

Markus Hosea, Kepala Pabrik Sigaret Kretek Tangan HMSP mengatakan  keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan merupakan prioritas yang harus diwujudkan oleh semua lapisan karyawan, mulai dari staf hingga pimpinan perusahaan.

Penghargaan ini bisa dikatakan sebuah prestasi. Pasalnya, berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, angka kecelakaan kerja di Indonesia masih sangat tinggi. Hingga akhir 2015, BPJS mencatat sekitar 100.000 kasus kecelakaan kerja di Indonesia per tahun. Dari angka tersebut, lebih dari 2.000 kasus merupakan kecelakaan berat yang mengakibatkan kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper