Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASOKAN CPO: Penggunaan Biodiesel Naik, Serapan Dalam Negeri Meningkat

Indonesia mulai mengurangi ekspor minyak sawit seiring turunnya produksi dan meningkatnya penggunaan biodiesel di dalam negeri serta pengaruh El Nino 2015 sehingga stok dalam negeri perlu dijaga
Tandan sawit segar/Bisnis
Tandan sawit segar/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Indonesia mulai mengurangi ekspor minyak sawit seiring turunnya produksi dan meningkatnya penggunaan biodiesel di dalam negeri serta pengaruh El Nino 2015 sehingga stok dalam negeri perlu dijaga.

"Penurunan ekspor ini tidak membuat panik pengusaha minyak sawit Indonesia, karena pasar mulai tergerus," kata Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Fadhil Hasan dalam keterangan tertulis seperti dikutip Antara, Rabu (27/4/2016).

Menurut data yang dicatat GAPKI, penyerapan biodiesel untuk triwulan pertama 2016 telah mencapai 732 ribu KL.

"Dengan kinerja penyerapan yang konsisten, GAPKI optimis pada tahun 2016 target penyerapan biodiesel 3 juta KL bisa tercapai," katanya.

GAPKI, katanya, juga mencatat produksi minyak sawit Indonesia pada Maret 2016 kembali turun sebesar 6,4% atau dari 2,47 juta ton setelah koreksi pada Februari menjadi 2,31 juta ton pada Maret.

Sementara itu, stok minyak sawit Indonesia termasuk biodiesel dan oleochemical pada Maret tercatat sebanyak 3,02 juta ton atau turun sebesar 12% dibanding dengan bulan lalu sebesar 3,44 juta ton.

Ekspor minyak sawit Indonesia pada Maret 2016 tercatat sebanyak 1,74 juta ton atau turun 24% dibandingkan dengan ekspor bulan sebelumnya 2,29 juta ton.

"Jika dibandingkan secara year-on-year kinerja ekspor minyak sawit Indonesia selama triwulan pertama tahun 2016 masih menunjukkan kenaikan dibandingkan periode yang sama 2015, atau dari 5,6 juta ton pada triwulan pertama 2015 meningkat menjadi 6,14 juta ton pada periode yang sama 2016," katanya.

Penurunan ekspor minyak sawit Indonesia yang cukup signifikan selain adanya pengurangan pasokan ke luar negeri juga untuk menjaga kestabilan stok minyak sawit di dalam negeri karena tren penurunan produksi terus berlanjut.

Sepanjang Maret 2016 hampir semua negara tujuan ekspor minyak sawit Indonesia membukukan penurunan kecuali India dan negera-negara Timur Tengah.

Pada Maret 2016, impor Amerika Serikat anjlok sangat signifikan sebesar 84% dibandingkan dengan bulan sebelumnya dari 74,68 ribu ton menjadi 12,24 ribu ton.

Anjloknya permintaan Negeri Paman Sam disebabkan stok kedelai yang sangat tinggi di dalam negeri AS.

Penurunan impor minyak sawit dari Indonesia diikuti oleh negara-negara Afrika 53%, Bangladesh 46%, Pakistan 31%, China 30%, dan negara-negara Uni Eropa 13%.

Penurunan impor minyak sawit dari negara-negara ini terutama karena harga minyak sawit yang mulai tinggi dan adanya perlambatan ekonomi di Pakistan dan Bangladesh.

GAPKI memperkirakan harga CPO global sampai pada akhir April akan bergerak di kisaran 690 dolar AS-730 dolar AS per metrik ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper