Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA EMAS 27 APRIL: Spot Naik 3,2 Poin ke Level US$1.234,40

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena dolar AS menunjukkan pelemahan.
Harga emas berjangka naik di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange./Antara
Harga emas berjangka naik di Divisi COMEX New York Mercantile Exchange./Antara
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA- Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena dolar AS menunjukkan pelemahan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni, naik 3,2 dolar AS atau 0,26 persen, menjadi menetap di 1.243,40 dolar AS per ounce. Emas mendapat dukungan pada Selasa ketika indeks dolar AS turun 0,37 persen menjadi 94,44 pada pukul 17.30 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar melemah maka emas berjangka akan naik, karena emas yang dihargakan dalam dolar menjadi lebih murah bagi investor. Selasa menandai awal dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) April.

Analis percaya bahwa The Fed tidak mungkin akan menaikkan suku bunga acuannya dalam pertemuan ini, tapi yakin bahwa The Fed akan memberikan lebih banyak petunjuk kepada investor tentang waktu kenaikan suku bunga. Setelah pertemuan FOMC pada Maret, para pedagang yakin bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,50 persen menjadi 0,75 persen selama pertemuan FOMC Juli.

Menurut alat Fedwatch CMEGroup's, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga utama dari 0,50 persen ke 0,75 persen adalah 23 persen pada pertemuan Juni 2016, dan 37 persen pada pertemuan Juli 2016. Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Sensus AS pada Selasa menunjukkan pesanan barang tahan lama sesuai dengan yang diperkirakan, dengan angka inti pesanan baru meningkat menjadi 0,8 persen.

Para analis mencatat bahwa sementara ini berada dalam ekspektasi, ada kenaikan besar untuk pesanan pertahanan, yang membantu mengimbangi pelemahan lainnya. Pedagang sedang menunggu laporan perdagangan internasional dalam barang dan pengumuman pertemuan FOMC pada Rabu, laporan produk domestik bruto pada Kamis, serta pendapatan dan pengeluaran pribadi pada Jumat.


Sumber : bloomberg, antara, pegadaian, logammulia.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper