Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Akan Lelang SUN Rp12 Triliun

Pemerintah akan menggelar lelang surat utang negara pada Selasa, (26/4/2016), dengan target indikatif Rp12 triliun dan target maksimal Rp18 triliun.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah akan menggelar lelang surat utang negara pada Selasa, (26/4/2016), dengan target indikatif Rp12 triliun dan target maksimal Rp18 triliun.

Lelang surat utang negara (SUN) akan melibatkan lima seri, yakni seri SPN dan empat seri FR.

Rinciannya, seri SPN jatuh tempo pada 6 Januari 2017 dengan tingkat kupon diskonto, FR0053 jatuh tempo 15 Juli 2021 dengan kupon 8,25%, dan FR0056 jatuh tempo 15 September 2026 dengan tingkat kupon 8,375%.

Lainnya, FR0072 jatuh tempo 15 Mei 2036 dengan tingkat kupon 8,25% dan FR0067 jatuh tempo 15 Februari 2044 dengan tingkat kupon 8,75%.

Alokasi pembelian nonkompetitif dari SPN maksimal 50% dari yang dimenangkan, sedangkan pada seri FR maksimal 30% dari yang dimenangkan.

Penjualan SUN tersebut akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan Bank Indonesia.

Lelang bersifat terbuka (open auction), menggunakan metode harga beragam. Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan.

Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian nonkompetitif akan membayar sesuai dengan imbal hasil rerata tertimbang (weighted average yield) dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang.

Pemerintah memiliki hak untuk menjual kelima seri SUN tersebut lebih besar atau lebih kecil dari jumlah indikatif yang ditentukan. SUN yang akan dilelang mempunyai nominal per unit sebesar Rp1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper