Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Matahari (MPPA) Diharapkan Tambah Kepemilikan Atas GEI

Matahari Putra Prima Tbk. diharapkan mengeksekusi opsi saham di PT Global Ecommerce Indonesia, pemilik bisnis MatahariMall.com.
Emirsyah Satar - Chairman mataharimall.com
Emirsyah Satar - Chairman mataharimall.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Matahari Putra Prima Tbk. diharapkan mengeksekusi opsi saham di PT Global Ecommerce Indonesia, pemilik bisnis MatahariMall.com.

Direktur Lippo Group John Riady mengatakan tahun ini, lini bisnis digital yang mencakup e-commerce dan Cinemax menjadi fokus perseroan. Untuk itu, dia memastikan lini bisnis tersebut bakal didukung penuh oleh Lippo Group.

Secara internal, entitas usaha milik Lippo Group memang terpantau gencar menyokong dan bersinergi dengan MatahariMall.com. Per Januari 2016, PT Matahari Departement Store Tbk. telah mengucurkan dana senilai total Rp179,77 miliar untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di GEI menjadi 10%.

Matahari Putra Prima pun telah meningkatkan porsi sahamnya di GEI menjadi 5% dengan merogoh cuan senilai Rp58,13 miliar. Hingga kini, emiten bersandi saham MPPA itu masih memiliki peluang untuk menambah kepemilikan sahamnya hingga 10%.

“Penambahan kepemilikan memang perlu ditanyakan  ke manajemen MPPA. Tapi kami berharap MPPA akan masuk dan mengeksekusi 5% lagi,” tutur John di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Adapun, pada 13 Agustus 2015, MPPA telah meneken Perjanjian Hak Opsi antara perseroan dengan GEI. Dalam perjanjian tersebut, MPPA diberi kesempatan untuk memperbesar saham dalam GEI menjadi maksimal 5% dengan harga Rp12.065 per lembar saham.

Para pemegang saham GEI pun memberikan pemberian tambahan hak opsi untuk dapat mengambil saham opsi tambahan menjadi maksimal 10%.

Sebelumnya, Corporate Secretary Matahari Putra Prima Danny Kojongian mengatakan penambahan kepemilikan saham tersebut digelar untuk menggarap peluang di bisnis e-commerce. Apalagi, sebelumnya perseroan juga telah meneken perjanjian kerjasama penjualan produk melalui MatahariMall.com.

Danny merinci, perseroan telah mengambil hak opsi saham sejumlah 4,81 juta lembar saham GEI dengan nilai Rp12.065 per lembar pada 29 Januari 2016. Untuk mengeksekusi aksi tersebut, sebutnya, perseroan merogoh kocek senilai Rp58,13 miliar.

Sebelum eksekusi atas hak opsi digelar, MPPA sendiri tercatat memiliki 1,83% saham di GEI atau setara 2,63 juta lembar dengan total nilai Rp2,63 miliar. Pengambilan hak opsi tersebut, membuat saham MPPA tercatat sebesar 5%. Rinciannya yakni setara 7,45 juta lembar saham senilai total Rp7,45 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper