Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2016, BI Riau Tingkatkan Distribusi Rupiah ke Wilayah Perbatasan

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau sepanjang 2016 akan melakukan peningkatan disribusi uang rupiah ke wilayah perbatasan dan daerah terpencil di wilayah setempat.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau sepanjang 2016 akan melakukan peningkatan disribusi uang rupiah ke wilayah perbatasan dan daerah terpencil di wilayah setempat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Ismet Inono mengatakan terkait peredaran uang rupiah ini, pihaknya sudah menjalankan program kas keliling dan kas titipan di berbagai daerah kabupaten dan kota di daerah tersebut.

”Hampir semua kabupaten dan kota sudah kami masuki untuk layanan kas keliling, seperti di pasar-pasar daerah setempat,” katanya, Jumat (5/2/2016).

Akhir tahun lalu BI Riau juga telah merealisasikan kas titipan di Kota Dumai tepatnya pada 17 November 2015 dengan pelaksana program Bank BRI Cabang Dumai.

Selain mengucurkan dana kredit atau dropping, bank yang dilibatkan dalam kerja sama ini juga menjadi tempat setoran Uang Tidak Layak Edar (UTLE) agar dapat diganti dengan uang berkualitas baik.

“Pada kas titipan ini kami memberdayakan perbankan untuk melakukan penarikan uang lusuh. Misal uang pecahan Rp10.000 ke bawah, nyaris warnanya berubah karena sudah sangat kotor. Jadi kami ingin masyarakat lebih nyaman bertransaksi dan menciptakan kecintaan kepada uang rupiah,” katanya.

Langkah ini kata Ismet juga erat kaitannya dengan upaya BI untuk memenuhi kebutuhan uang kartal yang berkualitas: layak edar, nominal cukup, pecahan yang sesuai dan tepat waktu, serta mengurangi peluang beredarnya uang palsu di masyarakat.

Adapun 13 kas keliling yang terdapat di beberapa kabupaten atau kota, yaitu Taluk Kuantan, Pasir Pangarayan, Bengkalis, Selat Panjang, Dumai, Duri, Pelalawan, Tembilahan, Siak, Rengat, Ujung Batu dan Bagan Batu.

Sedangkan 20 kas keliling dalam kota khususnya Pekanbaru, yaitu Pasar Arenka, Pasar Panam, Pasar Rumbai, Pasar Ramayana, Pasar Sail, Pasar Bawah, Pasar Dupa, dan Pasar Kodim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper