Mengenal Bisnis Remitansi

Remitansi adalah layanan pengiriman uang yang dilakukan oleh perbankan. Bisnis remitansi tidak hanya mencakup pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri.

Remitansi adalah layanan pengiriman uang yang dilakukan oleh perbankan. Bisnis remitansi tidak hanya mencakup pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri. Namun, layanan remitansi ini juga mencakup pengiriman uang dari dalam ke luar negeri.

Bisnis ini cukup bermanfaat bagi masyarakat dan bank itu sendiri. Bagi bank, bisnis pengiriman uang ini memberikan tambahan pendapatan bank, sedangkan bagi nasabah, cukup membayar Rp50.000,- dapat melakukan pengiriman mata uang asing (valas) ke manapun di seluruh Dunia.

PT Bank Central Asia (BCA) Tbk sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia menjadi salah satu pemain dalam bisnis remitansi.

Bank berkode BBCA mengakomodasi pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri yang tersedia dalam 14 mata uang asing.

Dengan Remittance BCA, kiriman valuta asing atau valas para nasabah sampai tujuan tepat waktu dan aman serta didukung oleh sistem yang handal.

Remittance BCA ini memiliki jaringan lebih dari 100 negara dan didukung oleh lebih dari 2.000 jaringan bank koresponden.

Layanan ini menggunakan sistem yang cepat dan aman demi menjaga kelancaran transaksi valas nasabah.

Outward Remittance menjadi salah satu produk remittance. Dengan menggunakan produk ini, pengiriman valas para nasabah ke luar negeri dimudahkan.

Outward Remittance ini mempunyai sejumlah produk unggulan yakni China Today, Yuan Remittance, Guaranteed Euro, dan Indian Rupee Remittance.

Untuk China Today, nasabah bisa mengirimkan dana sampai pada hari yang sama ketujuh bank terbesar di China.

Adanya layanan China Today ini didasari aktivitas perdagangan antara Indonesia dan China semakin hari semakin tinggi. Untuk itu layanan China Today hadir untuk memudahkan transfer dalambentukmatauang US Dollar ke China.

Dengan menggunakan layanan China Today, para nasabah pun memperoleh sejumlah manfaatnya yakni hari ini kirim, hari ini tiba. US Dollar yang nasabah kirim akan tiba di bank penerima pada hari yang sama juga atau dalam satu waktu.

Manfaat layanan ini untuk kecepatan dan ketepatan transaksi bisnis atau keperluan lainnya. Aplikasi pengiriman uang harus diterima di cabang sebelum pukul 12.00 WIB.

Nasabah pun memperoleh keleluasaan bertransaksi karena bank-bank penerima adalah tujuh bank terbesar di China. Ketujuh bank tersebut adalah: Industrial and Commercial Bank of China, Bank of China, China Construction Bank, Agricultural Bank of China, Bank of Communications, China Merchants Bank, Shanghai Pudong Development Bank.

Selain China Today, BCA juga memiliki layananYuan Remittance. Dengan Yuan Remittance, para nasabah dapat melakukan transfer dalam bentuk mata uang Yuan ke seluruh dunia.

Menggunakan Yuan Remittance ini sangat mudah dan menjadi solusi transaksi bisnis Anda, karena sebagai salah satu valas alternative dalam melakukan penyelesaian pembayaran internasional. Manfaat yang diperoleh dengan bertransaksi menggunakan Yuan Remittance ini bermacam-macam, antara lain transfer Yuan ke seluruh dunia, cepat, mudah, danaman, dapat dikirim ke seluruh bank di dunia, serta kurs dan biaya yang kompetitif.

Untuk menggunakan layanan Yuan Remittance ini terdapat sejumlah syarat dan ketentuan layanan yakni: pengirim dan penerima adalah perorangan atau perusahaan dan aplikasi kiriman uang diterima cabang sebelum pukul 12.00 WIB.

BCA mengharuskan informasi mengenai SWIFT, CNAPS, atau alamat bank penerima harus lengkap, benar, akurat, dan untuk penerima individu di China, wajib mencantumkan huruf kanji dan nomor ID lokal.

Untuk penerima perusahaan di china, harus terdaftar dalam RMB Trade Settlement Enterprises.

Transaksi pun dilakukan pada hari kerja di China dan membayar tambahan biaya full amount US$25 untuk kiriman Yuan ke individu.

Mengenal Bisnis Remitansi

Produk unggulan lainnya adalah Guaranteed Euro. Produk ini merupakan layanan yang dirancang khusus bagi para nasabah yang ingin mengirim uang dalam matauang Euro keseluruh dunia. Kiriman uang dijamin diterima dalam jumlah penuh secara pasti dengan biaya senilai Euro 30 dan biaya telex senilai Rp50.000,-.

Produk Guaranteed Euro ini memudahkan para nasabah mengirim Euro secara mudah dan terjamin ke seluruh dunia dalam jumlah penuh.

BCA memastikan nasabah terhindar dari kerugian potongan biaya yang muncul selama proses pengiriman uang. Cara penggunaan Guaranteed Euro pun tergolong cukup mudah. Selain nama Penerima, Pengirim harus mencantumkan pula International Bank Account Number (IBAN) atau nomor rekening, serta mencantumkan BIC Code (Kode Swift) yang benar.

Terakhir yaitu produk Indian Rupee Remittance yang memudahkan para nasabah untuk melakukan transfer valas ke India mendapat kepastian nilai Rupee yang diterima.

Indian Rupee Remittance ini hadir karena perdagangan antara Indonesia dan India terus bertumbuh setiap tahun.

Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan layanan Indian Rupee Remittance ini antara  lain pengirim dan penerima adalah perorangan atau perusahaan, aplikasi kiriman uang diterima cabang sebelumpukul 12.00 WIB. Para pengguna harus mengetahui informasi mengenai IFSC (Indian Financial System Code) berserta nama dan alamat lengkap penerima dan membayar tambahan biaya  full amount US$25.

Outward Remittance di atas mempunyai sejumlah keunggulan yakni cepat dan aman, lalu dapat sampai di hari yang sama atau value today dan dapat diterima utuh atau full amount. Selain itu juga memiliki kurs yang kompetitif serta tersedia di dalam 14 mata uang asing seperti Australian Dollar (AUD), Canadian Dollar (CAD), Swiss Franc (CHF), Danish Krone (DKK), Euro (EUR), Poundsterling (GBP), Hong Kong Dollar (HKD), Japanese Yen (JPY), China Yuan (CNY), Saudi Arabian Riyal (SAR), Swedish Krona (SEK), Singapore Dollar (SGD), New Zealand Dollar (NZD), dan US Dollar (USD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Marketing Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper