Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUYBACK BMRI: Bank Mandiri Siapkan Puluhan Miliar Rupiah

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tengah melakukan aksi pembelian kembali saham untuk mengerek harga saham perseroan
Bank Mandiri siap buyback/Jibiphoto
Bank Mandiri siap buyback/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tengah melakukan aksi pembelian kembali saham untuk mengerek harga saham perseroan.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin menuturkan aksi buyback tersebut dilakukan untuk bonus saham bagi karyawan perseroan.

“Kami mulai minggu ini sudah melakukan buyback untuk karyawan, jadi berupa empoyee stock bonus. Kami anggarkan puluhan miliar,” jelas Budi, Selasa malam (29/9/2015).

Strategi ini, lanjut Budi, dilakukan untuk menjaga harga saham perseroan yang terus terkoreksi.

“Karena kalau sahamnya untuk karyawan, mereka akan berpikir sama seperti owner Bank Mandiri, sehingga mereka akan menjaga kinerja Bank Mandiri,” tambah dia.

Adapun, Budi mengungkapkan aksi buyback ini bakal dilakukan secara bertahap. Dia juga memastikan langkah tersebut tak akan mengoreksi kepemilikan publik sebesar 40%.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Surat Edaran OJK Nomor 22/SEOJK.04/2015 tentang kondisi lain sebagai kondisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan dalam pelaksanaan pembelian kembali saham yang dikeluarkan oleh emiten atau perusahaan publik.

Regulator industri keuangan ini menerbitkan SE tersebut mengingat kondisi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia yang tertekan selama beberapa bulan terakhir. Selain itu, OJK juga berupaya memberikan stimulus bagi perekonomian yang tengah tertekan dan mengurangi dampak dari fluktuasi harga saham yang signifikan.

Dalam SE tersebut, OJK mengizinkan pembelian kembali saham maksimal sebanyak 20% dari modal disetor tanpa melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Aksi tersebut diperbolehkan dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper