IRAN: Harga Minyak Brent Pantasnya di Kisaran US$70-US$80/Barel

Iran yakin harga minyak akan kembali pulih ke kisaran US$70 sampai US$80 dengan sendirinya tanpa perlu adanya pembicaraan dengan produsen lain terkait rencana pemangkasan produksi.
Surya Rianto | 02 September 2015 14:13 WIB
Iran nilai Brent sepantasnya di kisaran 70-80 - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA- Iran yakin harga minyak akan kembali pulih ke kisaran US$70 sampai US$80 dengan sendirinya tanpa perlu adanya pembicaraan dengan produsen lain terkait rencana pemangkasan produksi.

Bijan Namdar Zanganeh, Menteri Perminyakan Iran, mengatakan tahun lalu sudah dibahas strategi jaga pangsa pasar dan membiarkan harga minyak berada di posisi rendah nantinya juga akan mampu secara otomatis mendorong harga minyak kembali ke level tinggi.

"Harga yang pantas untuk minyak Brent saat ini mungkin berada dikisaran US$70 sampai US$80,"ujarnya seperti dilansir Bloomberg pada Rabu (2/9/2015).

Dia melanjutkan terkait pembicaraan dengan produsen lain untuk pemangkasan produksi, Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) selalu terbuka.

"Saat kejatuhan harga minyak akhir tahun lalu memang sempat menurunkan aktivitas rig di Amerika Serikat (AS), tetapi saat ini produsen shale oil juga ngotot untuk bertahan sehingga produksi shale oil tidak ada perubahan signifikan,"

Pada perdagangan hari ini sampai pukul 12:50 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 2,31% menjadi US$44,36 per barel, sedangkan harga minyak Brent turun 2,08% menjadi US$48,53 per barel.

Sumber : bloomberg

Tag : komoditas
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top