Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasang Surut Bisnis Aburizal Bakrie: Pernah Jadi Orang Terkaya Hingga Gosip Bangkrut

Meroketnya harga komoditas pada dekade lalu berhasil mengantarkan Aburizal Bakrie menjadi orang terkaya di Indonesia, bahkan disebut-sebut se-Asia Tenggara.
Aburizal Bakrie/Reuters
Aburizal Bakrie/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Meroketnya harga komoditas pada dekade lalu berhasil mengantarkan Aburizal Bakrie menjadi orang terkaya di Indonesia, bahkan disebut-sebut se-Asia Tenggara.

Aburizal Bakrie, pada Desember 2007 tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Saat itu, pria yang akrab disapa Ical itu masih berusia 60 tahun dengan total kekayaan ditaksir mencapai US$5,4 miliar.

Bakrie menduduki posisi puncak mengalahkan Sukanto Tanoto (US$4,7 miliar), R. Budi Hartono (US$3,14 miliar), Michael Hartono (US$3,08 miliar), dan Eka Tjipta Widjaja (US$2,8 miliar), secara berturut-turut pada urutan 2-5. Dia menjalankan perusahaan Grup Bakrie yang diwarisi dari ayahnya, Ahmad Bakrie.

Akan tetapi, posisi Bakrie terus melorot sebagai orang terkaya di Tanah Air. Ical pada 2009 bertengger di urutan 4, pada 2010 pada urutan 10, pada 2011 urutan 30, kemudian terpental dari daftar 40 orang terkaya RI sejak 2012.

Tampaknya, masa kejayaan Bakrie terpengaruh kusamnya harga komoditas. Terlebih, mayoritas perusahaan milik Ketua Umum Partai Golkar itu memang bergerak di sektor komoditas batu bara, minyak dan gas, serta perkebunan kelapa sawit.

Sentimen negatif berupa rumor langsung berkembang, kebangkrutan disebut-sebut sedang mendekati Bakrie. Demikian kurang lebih gosip yang diembus-embuskan di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
1. BUMI dan Saham Gocapan
Penulis : Sukirno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper