Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH/US$: Sentimen Ini Pengaruhi Gerak Kurs (4 Agustus)

Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Selasa (4/8/2015) masih berada dalam tekanan
Rupiah./JIBI
Rupiah./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Selasa (4/8/2015) masih berada dalam tekanan .

“Rupiah berpeluang kembali tertekan hari ini, walaupun turunnya dollar index bisa mengurangi derajat pelemahannya,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Selasa (4/8/2015).

Dikemukakan minyak mentah anjlok 7% malam tadi, setelah angka manufaktur China dan AS turun, di tengah meningkatnya pasokan minyak mentah oleh OPEC. Penurunan harga minyak juga diikuti oleh jatuhnya harga komoditas lain.

Sementara itu indeks dolar AS turun tipis merespons angka manufaktur AS yang buruk, sekaligus mengoreksi harapan kenaikan suku bunga the Fed yang meningkat semenjak FOMC meeting minggu lalu.

Sementara itu, inflasi Juli yang diumumkan di atas harapan, kembali menekan rupiah dan yield SUN. Walaupun di pasar global indeks dolar sudah mulai mereda penguatannya.

“Tekanan pelemahan rupiah diperkirakan masih akan bertahan jika tanpa intervensi,” kata Rangga.

Pelemahan dolar yang bertahan akibat buruknya data AS, sepertinya akan tertutupi oleh harapan buruknya angka PDB kuartal II/2015 Indonesia yang akan diumumkan besok. Diperkirakan turun ke 4,6% YoY dari 4,7% YoY.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper