Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH/US$: Sentimen Ini Pengaruhi Gerak Kurs (28 Juli)

Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Selasa (28/7/2015) dibayangi rapat bank sentral AS Federal Reserve pada 28-29 Juli 2015
 Rupiah/Reuters
Rupiah/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Selasa (28/7/2015) dibayangi sentimen rapat bank sentral AS Federal Reserve pada 28-29 Juli 2015.

“Menjelang FOMC meeting nanti malam, mata uang pasar negara berkembang diperkirakan masih akan mengalami volatilitas tinggi.W alaupun jika harapan kenaikan suku bunga meredup, tekanan pelemahan rupiah bisa berkurang,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Selasa (28/7/2015).

Menjelang dimulainya FOMC meeting nanti malam, indeks dolar justru melemah sangat tajam hingga dini hari tadi. Walaupun beberapa saat sebelumnya data ekonomi AS yang diumumkan, membaik dari periode sebelumnya.

Di sisi lain, ujarnya, euro menguat. Menyusul dimulainya negosiasi antara Yunani dan para pemberi kredit setelah sempat ditunda.

Baiknya angka Ifo business climate Jerman, tambahnya, menambah alasan untuk euro menguat terhadap dolar.

“Harga komoditas yang dipimpin oleh minyak mentah terus turun, yang selain memfaktorkan tambahan pasokan minyak OPEC, juga merefleksikan kejatuhan bursa China. Salah satu negara konsumen terbesar energi dunia,” kata Rangga.

Rupiah melemah lagi kemarin, bersama beberapa mata uang lain di Asia. Dibarengi pelemahan tajam IHSG, dan naiknya yield SUN.

Kekhawatiran anjloknya harga komoditas diperburuk oleh turunnya bursa saham China, rekan dagang utama Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper