Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA TEMBAGA 2 Juli: Terus Menguat, Ditopang Positifnya Manufaktur AS

Harga tembaga melanjutkan penguatan setelah data manufaktur Amerika Serikat menunjukkan peningkatan. Positifnya data industri itu memberikan harapan bahwa permintaan logam industri akan mulai membaik.
Tembaga/Reuters
Tembaga/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA– Harga tembaga melanjutkan penguatan setelah data manufaktur Amerika Serikat menunjukkan peningkatan.

Positifnya data industri itu memberikan harapan bahwa permintaan logam industri akan mulai membaik.

Pada perdagangan hari ini sampai pukul 11.30 WIB, harga tembaga untuk pengiriman tiga bulan di London Metal Exchange (LME) naik 0,4% menjadi US$5.795 per metrik ton, sedangkan harga tembaga berjangka di New York Commodity Exchange (Comex) naik 0,13% menjadi US$2,63 per pon.

Ekonom senior National Australia Bank Ltd.,  James Gleen mengatakan semakin banyak investasi di sektor industri dan konstuksi, harusnya bisa terus mengerek harga komoditas logam industri termasuk tembaga.

Apalagi, tampaknya pertumbuhan ekonomi AS akan terus berada di jalur positif,” ujarnya seperti dilansir Bloomberg pada Kamis (2/7).

Menurut data Institute for Supply Management (ISM) hari ini, data indeks produksi pabrik AS pada Juni naik menjadi 53,5 dibandingkan dengan Mei sebesar 52,8.

Dengan begitu, ISM menyimpulkan laju manufaktur AS pada Juni menjadi yang tercepat dalam lima bulan terakhir.

Sebelumnya, Commerce Department melaporkan belanja konstruksi pada Mei meningkat 0,8% dan peningkatan itu menjadi level tertinggi sejak Oktober 2008.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Editor : Yusran Yunus
Sumber : bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper