Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skema Harga Emas Hingga Akhir Tahun Dipicu Bunga The Fed

Sebagian besar analis memperkirakan harga emas akan semakin terpuruk pada akhir tahun nanti. Optimis kenaikan suku bunga Federal Reserve pada akhir tahun ini menjadi alasan utamanya.
Emas/globe-views.com
Emas/globe-views.com

Bisnis.com, MELBOURNE – Sebagian besar analis memperkirakan harga emas akan semakin terpuruk pada akhir tahun nanti. Optimis kenaikan suku bunga Federal Reserve pada akhir tahun ini menjadi alasan utamanya.

Barnabas Gan, Ekonom Oversea-Chinese Banking Group (OCBC) memperkiraka harga emas bisa sentuh level US$1.050 atau yang terendah dalam lima tahun terakhir pada tutup tahun nanti.

Kenaikan suku bunga Federal Reserve (the Fed) pada akhir tahun nanti akan menjadi faktor utamanya. Hal itu didukung oleh data ekonomi Amerika Serikat (AS) pada Juni yang diprediksi positif. Sebagian besar investor akan mengalihkan investasinya ke dolar AS dan meninggalkan emas,” ujarnya seperti dilansir Bloomberg.

ABN Amro pun memperkirakan harga emas akan jatuh lebih dalam dibandingkan dengan perkiraan OCBC. Perbankan dari Belanda itu memperkirakan harga emas akan jatuh ke US$1.025 pada akhir tahun ini.

Namun, tidak semua memandang harga emas akan semkain terpuruk pada akhir tahun ini. Thorsten Proettel, analis komoditas Landesbank Baden-Wuerttemberg justru memperkirakan sebaliknya.

Analis dari bank Jerman itu memperkirakan harga emas bisa melonjak hingga US$1.400 atau level tertinggi sejak 2013.

Adapun, Jens Pederson, analis senior Danske Bank A/S, mengatakan rata-rata harga emas pada tahun ini akan turun menjadi US$1.204 dibandingkan dengan pada tahun lalu yang rata-rata US$1.266.

Lalu, pada tahun depan akan kembali turun hingga US$1.179 sebagai imbas kelanjutan kenaikan suku bunga the Fed yang bertahap.

Pada perdagangan hari ini sampai pukul 13:40 WIB, harga emas Gold Spot turun 0,44% menjadi US$1.164 per troy ounce atau Rp499.172 per gram, sedangkan harga emas Antam turun 0,36% menjadi Rp550.000 per gram.

Harga emas Gold Spot itu telah melewati level terendah pada 19 Maret 2015 di level US$1.169.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Editor : Rustam Agus
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper