Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA EMAS: Di COMEX Naik Dipicu Ekonomi AS Melemah

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Kamis (23/4/2015) atau Jumat (24/4/2015) WIB setelah data ekonomi AS yang lemah menyeret dolar AS turun dan meningkatkan daya tarik logam mulia dalam denominasi dolar.
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Kamis (23/4/2015) atau Jumat (24/4/2015) WIB./JIBI
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Kamis (23/4/2015) atau Jumat (24/4/2015) WIB./JIBI

Bisnis.com, CHICAGO -  Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Kamis (23/4/2015) atau Jumat (24/4/2015) WIB  setelah data ekonomi AS yang lemah menyeret dolar AS turun dan meningkatkan daya tarik logam mulia dalam denominasi dolar.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni bertambah US$7,4  atau 0,62%  menjadi   US$1.194,30  per ounce.

Pada Kamis, data ekonomi AS yang keluar sebagian besae negatif. Penjualan rumah keluarga tunggal baru jatuh 11,4%  pada Maret, mundur kembali dari tertinggi tujuh tahun yang dicapai bulan sebelumnya dan mengalami laju paling lambat sejak November, menurut Departemen Perdagangan AS.

Indek pembelian manajer sektor manufaktur yang dirilis Markit jatuh pada April menjadi 54,2 dari 55,7 pada Maret. Pesanan ekspor baru menunjukkan penurunan pertama mereka dalam laporan ini sejak November 2014. Pesanan baru keseluruhan tumbuh pada tingkat paling lemah mereka sejak Januari, kata Markit Economics, Kamis.

Selain itu, sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis menunjukkan klaim pengangguran awal pekan lalu lebih tinggi dari perkiraan dengan data meningkat 1.000 dari pekan sebelumnya.

Namun, para analis mengatakan bahwa tren dalam laporan ini kemungkinan akan meningkatkan harapan untuk pembalikan besar di laporan tenaga kerja April karena dibandingkan terhadap Maret yang sangat mengecewakan.

Dengan latar belakang itu, indeks dolar AS, ukuran dolar terhadap sekeranjang mata uang utama, turun tipis pada Kamis, memberikan dukungan untuk banyak komoditas dalam denominasi dolar termasuk emas yang dirasakan aman.

Analis memperingatkan bahwa peningkatan ekuitas global dan AS akan segera memberikan tekanan pada logam mulia, dan peningkatan suku bunga Federal Reserve AS yang diperkirakan pada tahun ini akan mempertahankan emas dalam tren menurun.

Perak untuk pengiriman Mei bertambah 3,3 sen atau 0,21%, menjadi ditutup pada US$15,829  per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik US$7 atau 0,62%, menjadi ditutup pada US$1.136,70  per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara/Xinhua/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper