Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Federal International Finance (FIF) Terbitkan Obligasi Rp10 Triliun

Perusahaan pembiayaan yang dimiliki Group Astra, PT Federal International Finance (FIF) menerbitkan obligasi dengan tingkat bunga tetap senilai total Rp10 triliun.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-- Perusahaan pembiayaan yang dimiliki Group Astra, PT Federal International Finance (FIF) menerbitkan obligasi dengan tingkat bunga tetap senilai total Rp10 triliun.

Berdasarkan prospektus ringkas yang dipublikasikan perseroan, Kamis (26/3/2015), disebutkan penawaran umum berkelanjutan (PUB) II tahun 2015 tersebut akan diterbitkan dalam beberapa tahap.

FIF berencana menggunakan dana hasil emisi obligasi setelah dikurangi biaya-biaya, untuk modal kerja dan khususnya bagi pembiayaan konsumen kendaraan bermotor.

PUB II tahap I/2015 akan diterbitkan dengan jumlah pokok maksimum Rp3 triliun. Obligasi tersebut akan diterbitkan dalam dua seri, yakni seri A dan seri B.

Seri A memiliki jangka waktu 370 hari dengan jatuh tempo pada 3 Mei 2016. Kemudian, seri B memiliki jangka waktu 3 tahun dan akan jatuh tempo pada 23 April 2018. Pembayaran bunga obligasi akan dilakukan setiap tiga bulanan.

Rencana masa penawaran awal pada 26 Maret-6 April 2015 dan tanggal efektif pada 15 April 2015. Perkiraan masa penawaran pada 17-20 April 2015 dengan penjatahan, distribusi elektronik, dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia, masing-masing pada 21, 23, dan 24 April 2015

PUB I FIF 2015 ini telah mendapatkan peringkat dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada level idAAA. Sedangkan PT Fitch Ratings Indonesia menyematkan peringkat AAA(idn) untuk emisi obligasi tersebut.

Bertindak selaku penjamin pelaksana emisi efek adalah PT CIMB Securities Indonesia, PT DBS Vickers Securities Indonesia, PT HSBC Securities Indonesia, PT Indo Premier Securities, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. Sedangkan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bertindak selaku wali amanat.

Per 31 Desember 2014, liabilitas FIF mencapai Rp20,79 triliun, naik 21% dari tahun sebelumnya Rp17,18 triliun dan ekuitas mencapai Rp4,58 triliun atau naik 5,7% dari tahun sebelumnya Rp4,34 triliun. Sedangkan aset mencapai Rp25,37 triliun atau naik 17,9% dari Rp21,52 triliun pada 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper