Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Lokal di Pasar Modal Minim

Persentase investor lokal dalam pasar modal Indonesia masih minim, persentasenya baru mencapai 35 persen sementara sisanya masih dikuasai investor asing.
Investor lokal di pasar modal masih minim./JIBI
Investor lokal di pasar modal masih minim./JIBI
 

Bisnis.com, MAKASSAR - Persentase investor lokal dalam pasar modal Indonesia masih minim, persentasenya baru mencapai 35 persen sementara sisanya masih dikuasai investor asing.

"Dari angka 35 persen tersebut, 83 persen diantaranya adalah institusi yang bertindak sebagai investor," kata Trainer Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Makassar, Achmad Irfan Ibrahim saat menjadi pembicara dalam Forum Calon Investor yang diselenggarakan Rotary of Anging Mammiri di Makassar, Sabtu (7/3/2015).

BEI mencatat jumlah investor lokal individual baru mencapai 174 ribu orang pada Januari 2015, atau di bawah satu persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 240 juta jiwa.

Menurut Achmad, kondisi ini sebenarnya sangat ironis karena yang diperdagangkan dalam pasar modal Indonesia adalah perusahaan lokal, namun yang memperoleh porsi keuntungan terbesar justru investor asing.

Dia mengatakan, salah satu penyebab minimnya jumlah investor perorangan ini adalah kurangnya pengetahuan teknis mengenai pasar modal.

"Mungkin ada yang pernah mendengar atau secara teori mengetahui apa itu pasar modal, tetapi tidak mengetahui bagaimana agar bisa ikut berinvestasi dalam pasar modal," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) terus berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi melalui seminar dan pelatihan terkait pasar modal.

Sementara dari sisi regulasi, Achmad mengatakan, OJK dan BEI telah mengeluarkan regulasi untuk memfasilitasi pembelian saham dalam jumlah kecil.

"Sebelumnya, ukuran minimal pembelian saham sebanyak satu lot yang terdiri atas 500 lembar saham, namun sejak 2014 ukuran lotnya diperkecil menjadi 100 lembar saham, sehingga bisa lebih terjangkau bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Analis BNI Securitas Yasmin Soulisa mengatakan, besarnya dominasi investor asing dalam pasar modal Indonesia memberikan resiko tersendiri bagi pasar modal kita.

"Besarnya presentase investor asing menjadikan pasar modal kita jadi lebih mudah terpengaruh oleh kondisi perekonomian Amerika atau Eropa misalnya, karena investor asing ini bisa tiba-tiba melepaskan saham mereka dan karena jumlahnya besar akan sangat mempengaruhi pasar modal Indonesia," kata Yasmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper