Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Shale Gas Tak Sebesar yang Diduga, Harga Minyak Berbalik Naik

Harga minyak dunia berbalik naik pada hari terakhir pekan perdagangan pada Jumat waktu AS (Sabtu pagi WIB), karena para pedagang mempertimbangkan pasokan shale gas yang tidak sebesar dugaan.
Harga minyak kembali naik. /
Harga minyak kembali naik. /

Bisnis.com, JAKARTA -- Harga minyak dunia berbalik naik pada hari terakhir pekan perdagangan pada Jumat waktu AS (Sabtu pagi WIB), karena para pedagang mempertimbangkan pasokan global yang berlimpah dan pertumbuhan lambat dalam perekonomian dunia.

Menurut harga patokan di AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, naik US$1,59 dolar menjadi US$49,76 per barel di New York Mercantile Exchange, sehari setelah WTI jatuh hampir US$3.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April, harga patokan global melonjak menjadi menetap di US$62,58 per barel, naik tajam US$2,53 dari tingkat penutupan Kamis.

WTI, setelah jatuh pada awal 2015 ke tingkat terendah dalam 6 tahun, telah berayun liar pada Februari, tetapi akhirnya mengakhir bulan lalu dengan sekitar US$1,5 lebih tinggi. Sebaliknya, Brent telah naik sekitar 12 dolar AS.

Minyak mentah telah kehilangan sekitar 50% nilainya sejak Juni tahun lalu.

"Kami sudah semacam mencapai bagian terbawah dan harga hanya menari-nari," kata Michael Lynch dari Strategic Energy & Economic Research, mengacu pada pasar minyak New York.

Dalam sesi perdagangan Jumat, Lynch menyatakan bahwa dampak terbesar adalah dari penurunan data operasional rig AS, yang menunjukkan kita akan melihat produksi "shale" (serpih) lebih rendah daripada yang diantisipasi, dan komentar dari Arab Saudi bahwa pasar mungkin akan datang kembali ke dalam keseimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper