Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GARUDA INDONESIA (GIAA) Siapkan Belanja Modal US$130 Juta

Maskapai penerbangan milik pemerintah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. menyiapkan belanja modal tahun ini sebesar US$130 juta setara dengan RP1,66 triliun.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Maskapai penerbangan milik pemerintah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. menyiapkan belanja modal tahun ini sebesar US$130 juta setara dengan RP1,66 triliun.

I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Garuda Indonesia, mengatakan manajemen baru telah melakukan efisiensi sehingga belanja modal (capital expenditure/caapex) dipangkas cukup besar.

"Tahun ini kami menganggarkan capex US$130 juta," ungkapnya, Selasa (24/2/2015).

Pada tahun ini, manajemen GIAA juga melakukan berbagai upaya efisiensi untuk menekan biaya. Perseroan memangkas alokasi belanja modal hingga 35% mencapai Rp875 miliar atau US$70 juta dari total US$200 juta.

Pemotongan belanja modal terbesar dilakukan untuk menegosiasi ulang atas kedatangan pesawat tahun ini sehingga hanya 15 unit armada baru. Penundaan sebanyak 9 unit pesawat baru itu membuat belanja modal perseroan terpangkas cukup besar.

Dia optimistis, perseroan dapat menekan nilai kerugian yang diderita sepanjang tahun lalu. Kinerja perseroan sepanjang periode 2014 dapat lebih baik terutama pada akhir kuartal VI/2014.

Rugi bersih Garuda mencapai US$219,5 juta atau setara dengan Rp2,63 triliun, melonjak tajam 1.362,62% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu US$15,01 juta. Per 30 September 2014, pendapatan Garuda mencapai US$2,8 miliar, naik 4,28% dari periode yang sama tahun lalu US$2,68 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper