Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba BRI Naik 14%, Harga Saham BBRI Berpotensi Naik di Atas Rp13.000

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) yang baru saja memaparkan pencapaian kinerja usaha tahun lalu mendapat respon positif dari sejumlah analis.
Harga saham BRI diprediksi meningkat setelah laporan keuangan dirilis/ilustrasi
Harga saham BRI diprediksi meningkat setelah laporan keuangan dirilis/ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA—  PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) yang baru saja memaparkan pencapaian kinerja usaha tahun lalu mendapat respon positif dari sejumlah analis.

Seperti diketahui, bank pelat merah itu mencetak laba bersih Rp24,2 triliun sepanjang tahun lalu, naik 14,35% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kenaikan laba itu ditopang oleh penyaluran kredit yang naik 13,88% menjadi Rp58,79 triliun dari Rp430,62 triliun.

Menurut Analis Mandiri Sekuritas Tjandra Lienandjaja pencapaian kinerja usaha itu sesuai dengan prediksinya.

“Dengan realisasi kinerja yang sejalan dengan potensi kenaikan kredit bermasalah, kami memprediksi BBRI dapat berkinerja baik pada 2015,” paparnya dalam riset yang diterima Bisnis, Selasa (27/1/2015).

Menurutnya, margin bunga bersih (net interest margin/NIM) BRI dapat turun, tetapi hal itu akan diimbangi dengan basis aset yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan laba perseroan.

“Kami menetapkan kembali rekomendasi BUY pada BBRI dengan target harga saham Rp13.500, berdasarkan valuasi rasio harga saham per nilai buku (P/BV) 2015F sebesar 2,8x,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Analis Sinarmas Sekuritas Evan Lie Hadiwidjaja. Bahkan menurutnya pencapaian kinerja tersebut 9% di atas estimasinya.

Dia juga menilai BRI bisa mendapat kesempatan dari rencana pemerintah yang berniat mengatur pinjaman dengan suku mikro serta jumlah maksimum yang dapat dipinjamkan.

“Hal itu bisa menjadi ancaman, tetapi juga kesempatan karena BRI memiliki pangsa pasar terbear di industri mikro. Dan karena mereka memiki jaringan terbesar, BRI memiliki keunggulan dalam mengendalikan biaya overhead dibandingkan dengan perusahaan sejenis,” tuturnya.

Sinarmas Sekuritas pun menetapkan penilaian positif dengan target harga saham Rp13.950.

Pada siang ini, harga saham BBRI terpantau naik 0,21% ke Rp11.900 per saham pada pukul 11.08 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper